Penyebab Washer Lamp Mobil Cepat Rusak, Wajib Tahu

Fitur washer lamp pada mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Fitur washer lamp disematkan pada mobil untuk membantu membersihkan lampu utama. Terletak di bawah lampu depan, komponen ini bisa menyemprotkan air ke muka lampu untuk merontokan kotoran yang menempel.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Seperti fitur mobil lainnya, washer lamp dikatakan Abdul Romi Misroni servis manager diler resmi mobil penumpang Mitsubishi PT Nusantara Berlian Motor, bisa terjadi kerusakan.

"Kalau di Pajero Sport dia juga pakai washer lamp tapi saya belum temukan kerusakannya karena mobil ini kan baru. Kalau dulu waktu jadi mekanik ada pengalaman kerusakan washer lamp," kata Romi kepada VIVA.co.id, Senin 15 Mei 2017.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Kerusakan yang terjadi, kata Romi, biasanya karena ada korosi atau sumbatan di jalur air washer lamp. Akibatnya, air tidak keluar dengan sempurna dari lubang washer lamp tersebut. Kerusakan ini juga biasanya terjadi dalam jangka waktu yang lama.

"Pengalaman saya, biasanya karena yang punya mobil ngisi tangki wiper itu pakai sampo atau sabun sembarangan. Itu lama-lama dia bisa mampet atau paling parah ada korosinya," kata dia.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Romi mengatakan, korosi atau sumbatan tersebut terjadi lantaran pemilik mobil menggunakan sembarang cairan pembersihnya. Padahal, masing-masing pabrikan umumnya sudah merekomendasikan cairan pembersih untuk washer lamp serta untuk kaca depan dan belakang mobil.

"Kalau sudah begini ya harus dibongkar karena nanti alirannya bisa beleberan dan kena ke motor washer lamp nya. Makanya saran saya, pakai cairan pembersih yang sudah direkomendasikan pabrik, kayak di Mitsubishi juga sudah ada," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022