TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Risiko Hidupkan AC Mobil Tanpa Menyalakan Mesin

Menghidupkan AC tanpa menyalakan mesin adalah kebiasaan yang salah.
Risiko Hidupkan AC Mobil Tanpa Menyalakan Mesin
Ilustrasi menyalakan AC mobil. (Driving.ca)

VIVA.co.id – Pada beberapa jenis mobil, pendingin udara kabin (AC) bisa diaktifkan tanpa perlu menyalakan mesin. Saat posisi kunci sudah di 'On', pengemudi juga bisa langsung menyalakan AC hanya dengan menekan tombol pengaturnya.

Namun demikian, tidak semua mobil bisa demikian. Jika cara ini dilakukan pada mobil yang belum menerapkan teknologi di atas, justru akan membuat buruk kondisi kendaraan. Hal ini ditegaskan Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil --jaringan servis AC Denso. Kata dia, menghidupkan AC tanpa menyalakan mesin adalah kebiasaan yang salah.

"Yang pasti, kami menyarankan pemilik mobil menyalakan pendingin udara setelah mesin menyala atau dalam keadaan iddle-up," ujar Susanto kepada VIVA.co.id, Rabu 17 Mei 2017.

Menyalakan AC sebelum mengemudi memang membuat kabin terasa nyaman, terlebih saat mobil diparkir di ruang terbuka. Namun, saat AC mobil 'On' tetapi mesin tidak menyala, kata Susanto, berpotensi merusak kompresornya. "Pasti ada efeknya ke mesin mobil dan kompresor AC-nya, karena posisi saat mesin mobil menyala saja kondisinya belum stabil, ditambah lagi harus menggerakkan kompresor AC, akan lebih berat kerjanya," kata dia.

Selain itu, kebiasaan menghidupkan AC dengan mesin mati akan membuat aki mobil boros dan berisiko susah starter mesin setelahnya. "Kalau kondisi ini risikonya aki mobil akan cepat habis. Karena begini, aki belum dapat suplai dari altenator, tapi dia sudah terpakai di motor blower AC. Dikhawatirkan saat starter sudah tidak bisa," kata dia.
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP