LCGC Mana Paling Laris, Lima atau Tujuh Penumpang?

Toyota Calya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Saat membeli mobil, salah satu faktor yang jadi pertimbangan konsumen adalah harganya. Hal itu dapat dimaklumi, mengingat harga mobil baru saat ini sudah di atas Rp100 juta.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Mobil baru di segmen low cost green car (LCGC) memiliki banderol di kisaran Rp100-150 juta. Tak heran jika penjualannya kian bersinar di 2017. Apalagi ditunjang dengan makin lengkapnya fitur yang disematkan, mulai dari hiburan hingga sistem keamanan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil LCGC berhasil terjual ribuan unit selama April 2017. Ada dua jenis mobil yang masuk kategori LCGC, yakni hatchback dan multi purpose vehicle (MPV).

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Perbedaan ada pada kapasitas penumpang. Hatchback hanya bisa diisi lima penumpang, sementara MPV mampu memuat hingga tujuh orang.

Di segmen hatchback, Honda Brio Satya menempati urutan pertama mobil LCGC terlaris, dengan penjualan 4.149 unit. Posisi kedua dan ketiga ditempati Toyota Agya (3.185 unit) dan Daihatsu Ayla (2.747 unit).

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Sementara, di posisi bawah ada Suzuki Karimun Wagon R (354 unit) serta Datsun GO, yang hanya laku sebanyak 313 unit.

Untuk model MPV, Toyota Calya menduduki posisi paling atas dengan penjualan 5.861 unit. Sedangkan Daihatsu Sigra di angka 2.786 unit dan Datsun GO+ Panca 467 unit.

Dari data tersebut, terlihat bahwa penjualan mobil berkapasitas tujuh penumpang di kelas LCGC mengalahkan versi lima penumpang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya