Suzuki Ignis Sukses Pecundangi Lima Rivalnya

Melihat Dari Dekat Mobil Baru Suzuki Ignis
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Suzuki Indonesia resmi meluncurkan mobil baru pengganti Splash, yakni Ignis. Mobil ini masuk ke dalam segmen city car model hatchback dan bersaing dengan Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion, dan Toyota Etios Valco.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Salah satu strategi Suzuki, agar mobil berkapasitas lima penumpang itu dapat sukses di pasaran adalah dengan mematok harga lebih rendah. Dari lima mobil tersebut, hanya Ignis dan Etios Valco yang bisa dibeli dengan dana kurang dari Rp160 juta.

Namun, Toyota hanya menyediakan transmisi manual untuk Etios Valco, sedangkan Suzuki memberi pilihan transmisi manual, atau otomatis untuk Ignis.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Lantas, mana yang paling banyak penjualannya?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Brio biasa (bukan versi low cost green car/LCGC) pada April 2017, tercatat sebanyak 1.212 unit. Dari jumlah tersebut, tipe Brio RS 1.2 bertransmisi otomatis yang paling banyak laku.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Sementara itu, Toyota hanya berhasil menjual Etios Valco sebanyak 89 unit. Tipe yang paling banyak laku, yakni Etios Valco G 1.2 MT, yang tercatat terjual sebanyak 57 unit. Nissan hanya bisa menjual March sebanyak 119 unit. Tipe March 1.2 Mid AT menjadi yang paling banyak diminati, yakni 49 unit.

Mitsubishi sedikit lebih beruntung dibandingkan Toyota, karena Mirage berhasil terjual sebanyak 178 unit. Tipe yang paling digemari adalah Mirage GLX 1.2 MT.

Mobil andalan Daihatsu, yakni Sirion, laku sedikit lebih banyak ketimbang Mirage. Pada bulan keempat tahun ini, Sirion berhasil terjual sebanyak 200 unit. Dari angka tersebut, varian transmisi manual maupun matik sama-sama menyumbangkan angka penjualan 100 unit.

Untuk andalan baru Suzuki, yakni Ignis, ternyata mobil ini menjadi yang paling banyak terjual dibandingkan empat rivalnya. Pada Maret 2017, Ignis hanya laku sebanyak 91 unit. Namun, bulan berikutnya jumlahnya melonjak menjadi 2.476 unit. Jumlahnya dua kali lipat lebih banyak ketimbang Brio. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya