TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Daftar Mobil Populer yang Lebih Laku Varian Manualnya

Ada model MPV dan SUV.
Daftar Mobil Populer yang Lebih Laku Varian Manualnya
Tuas transmisi manual. (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVA.co.id – Penjualan mobil di Indonesia masih didominasi model multi purpose vehicle atau MPV. Model yang juga sering disebut-sebut sebagai mobil keluarga ini banyak diminati lantaran memiliki daya angkut banyak dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Selain MPV,  model lain yang juga tengah naik daun yakni sport utility vehicle (SUV), low cost green car (LCGC) dan city car. Sementara, mobil yang terus menurun pasarnya yakni model sedan.

Jika berbicara mengenai kemudahan, sejatinya mobil dengan transmisi otomatis (atau biasa disebut matik) memang jauh lebih unggul ketimbang transmisi manual. Apalagi dengan semakin padatnya jalan raya yang ada di perkotaan.

Namun ternyata, ada beberapa mobil yang varian transmisi manualnya justru lebih banyak laku dibandingkan transmisi matik. Uniknya, sebagian besar mobil yang masuk daftar ini adalah mobil-mobil yang populer dan banyak dibeli konsumen.

Ada beberapa alasan mengapa varian transmisi manual lebih diminati, mulai dari kemudahan dalam hal perawatan hingga performa mobil yang lebih baik. Selain itu, biaya servis transmisi manual juga lebih murah ketimbang matik, dan pengerjaannya bisa ditangani oleh banyak bengkel umum.

Lantas, mobil-mobil apa saja yang lebih banyak laku varian transmisi manualnya ketimbang varian transmisi matik? Berikut daftarnya, yang VIVA.co.id dapatkan dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-April 2017:

  1. Honda Mobilio E 1.5 MT = 6.741 unit
  2. All New Toyota Kijang Innova G 2.0 MT = 4.641 unit
  3. All New Toyota Avanza 1.3 G MT = 22.226 unit
  4. Toyota Rush 1.5 MT TRD Sportivo Ultimo = 3.778 unit
  5. Toyota Agya TRD S 1.0 MT = 2.791 unit
  6. Toyota Calya 1.2 G MT = 19.351 unit
  7. New Daihatsu Ayla 1.2 R MT = 545 unit
  8. Daihatsu Terios R 1.5 MT = 2.497 unit
  9. Great New Daihatsu Xenia R 1.3 MT = 6.620 unit
  10. Daihatsu Sigra 1.2 R MT = 6.064 unit
    (one)
TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP