TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Lima Rekomendasi Mobil SUV Paling Irit Bahan Bakar

Salah satunya adalah Honda HR-V.
Lima Rekomendasi Mobil SUV Paling Irit Bahan Bakar
Rendering Honda HR-V terbaru. (Indianautosblog)

VIVA.co.id – Crossover dan Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan jenis kendaraan yang semakin banyak peminatnya dari tahun ke tahun. Sejumlah kelebihan yang diusungnya pun menjadi tawaran menarik bagi para peliriknya, sebut saja desainnya yang tinggi dan kokoh, memiliki ground clereance tinggi, serta adanya ruang kargo tambahan.

Meski demikian, ada salah satu kelemahan mobil crossover dan SUV yang kerap dipermasalahkan para pemiliknya, yakni konsumsi bahan bakarnya yang tak irit. Tetapi setidaknya ada lima mobil berbahan bakar bensin alias non listrik yang memiliki keiritan cukup membanggakan.

Kelima mobil crossover atau SUV ini dirilis oleh Environmental Protection Agency (EPA), sebuah badan perlindungan lingkungan di Amerika Serikat.

Lantas apa saja kelima mobil tersebut? Berikut seperti dilansir Motor1, Kamis, 18 Mei 2017:

1. Mazda CX-3

Salah satu SUV kompak yang paling menyenangkan untuk dikendarai di jalan raya adalah Mazda CX-3. Dalam catatan EPA, mobil ini mengkonsumsi bahan bakar 29/34 mil per galon atau 12 kilometer per liter untuk perjalanan dalam kota dan 14 kilometer per liter untuk perjalanan luar kota.

Mazda CX-3.

Mobil ini disebut menyenangkan sebagai alternatif kendaraan berbahan bakar irit dan hadir dengan ruang duduk premium. Hitungan ini didasarkan pada mesin 2.0 liter empat silinder standar dengan transmisi otomatis enam percepatan dan berpenggerak roda depan. Sementara biaya bahan bakar tahunannya rata-rata adalah US$1.200 atau setara Rp16 jutaan.

2. Honda HR-V

Crossover empat pintu kompak ini merupakan mobil yang tempat duduknya bisa dilipat pada bagian belakang untuk dijadikan kargo. Meski tidak terlalu menghibur untuk dikendarai, HR-V adalah alternatif mobil yang praktis dan nyaman layaknya sebuah sedan. Mobil ini dicatat EPA memiliki konsumsi bahan bakar 28/34 mpg atau 11 kilometer per liter untuk perjalanan dalam kota dan 14 kilometer per liter untuk perjalanan luar kota.

Honda HR-V Hybrid RS.

Penghitungan mpg ini didasarkan pada mesin 1.8 liter empat silinder standar dengan transmisi otomatis CVT dan berpenggerak roda depan. Biaya bahan bakar tahunan rata-ratanya adalah US$1.200 atau setara Rp16 jutaan.

3. Honda CR-V

Mobil ini juga terbilang efisien dalam penggunaan konsumsi bahan bakar, sama halnya seperti model HR-V. CR-V merupakan SUV kompak yang dirancang menarik di bagian luar, lalu lapang pada kompartemen penumpangnya, serta banyak ruang untuk digunakan sebagai kargo.

Honda CR-V

EPA mencatat, CR-V memiliki konsumsi bahan bakar 28/34 mpg atau 11 kilometer per liter untuk perjalanan dalam kota dan 14 kilometer per liter untuk perjalanan luar kota. Perhitungan mpg ini didasarkan pada mesin empat silinder turbocharged 1.5 liter opsional dengan transmisi otomatis standar CVT dan berpenggerak roda depan. Biaya bahan bakar tahunannya juga sama, yakni sekira US$1.200 atau setara Rp16 jutaan.

4. Nissan Juke

Crossover subkompak yang terkenal memiliki tampang radikal ini juga terbilang memiliki kelebihan yang menarik dari sisi konsumsi bahan bakarnya. Mobil bergaya sporty dan memiliki akselerasi baik ini tercatat memiliki kinerja konsumsi 28/32 mpg atau setara 11 kilometer per liter untuk perjalanan dalam kota dan 13 kilometer per liter untuk perjalanan luar kota.

Nissan Juke 2015.

Mpg di sini didasarkan pada mesin 1.6 liter enam silinder turbocharged standar dengan transmisi otomatis tujuh-kecepatan opsional dan berpenggerak depan. Biaya bahan bakar tahunannya adalah US$1.500 atau setara Rp20 juta.

5. Buick Encore

Buick Encore merupakan subkompak yang dengan gaya eksterior dan interior mumpuni. Meski tak begitu sporty, namun mobil ini memiliki ruang kabin yang cukup lapang, serta menjadi SUV kecil paling tenang karena sudah menganut sistem pengurangan kebisingan.

Buick Encore.

Mobil ini tercatat memiliki kinerja konsumsi bahan bakar 27/33 mpg atau setara 11 kilometer per liter untuk perjalanan dalam kota dan 14 kilometer per liter untuk perjalanan luar kota. Angka mpg ini berbasis pada mesin empat silinder 1.4 liter standar dengan transmisi otomatis enam-kecepatan standar dan berpenggerak roda depan. Biaya bahan bakar tahunannya adalah US$1.200 atau setara Rp16 jutaan. (ase)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP