TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Teknik Jitu Kendarai Moge di Jalanan Sempit

Kendalikan keseimbangan saat kendarai moge tentu perlu cara sendiri.
Teknik Jitu Kendarai Moge di Jalanan Sempit
Ijma Sulastri, instruktur safety riding dari Honda Motor Makassar. Ilustrasi (Dok. Pribadi)

VIVA.co.id – Mengendalikan keseimbangan saat mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin besar, tentu memerlukan cara tersendiri. Apalagi, jika motor gede digunakan saat melintasi jalan basah maupun sempit.

Instruktur Safety Riding Asra Honda Motor asal Aceh, Reza Novendri mengatakan, saat mengendarai big bike, atau motor besar di jalanan basah maupun sempit, pengendara harus pandai mengatur posisi kopling dan gas. "Terus atur posisi keseimbangan badan," kata Reza kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Kamis 18 Mei 2017.

Saat menghadapi lintasan basah maupun sempit, posisi badan harus digerakkan secara perlahan mengikuti arah motor. Namun, gerakan yang dilakukan tentu tak boleh terlalu ekstrem. "Keseimbangan badan mulai dari pundak sampai kaki digerakkan, tidak boleh ekstrem gerakannya untuk menyeimbangkan setang supaya tetap berjalan lurus, agar tidak terjatuh," ujarnya.

Menurut Reza yang menang dalam kompetisi safety riding AHM di kategori big bike, menggerakkan pinggul yang terlampau jauh melewati dari posisi tengah tulang punggung, merupakan cara yang dianggap gagal dalam kompetisi. Namun, dalam keseharian trik ini bisa diaplikasikan. "Iya bisa diaplikasikan, tetapi kalau di kompetisi gerakan itu dinilai gagal," tuturnya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP