Teknik Jitu Kendarai Moge di Jalanan Sempit

Ijma Sulastri, instruktur safety riding dari Honda Motor Makassar. Ilustrasi
Sumber :
  • Dok. Pribadi

VIVA.co.id – Mengendalikan keseimbangan saat mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin besar, tentu memerlukan cara tersendiri. Apalagi, jika motor gede digunakan saat melintasi jalan basah maupun sempit.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Instruktur Safety Riding Asra Honda Motor asal Aceh, Reza Novendri mengatakan, saat mengendarai big bike, atau motor besar di jalanan basah maupun sempit, pengendara harus pandai mengatur posisi kopling dan gas. "Terus atur posisi keseimbangan badan," kata Reza kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Kamis 18 Mei 2017.

Saat menghadapi lintasan basah maupun sempit, posisi badan harus digerakkan secara perlahan mengikuti arah motor. Namun, gerakan yang dilakukan tentu tak boleh terlalu ekstrem. "Keseimbangan badan mulai dari pundak sampai kaki digerakkan, tidak boleh ekstrem gerakannya untuk menyeimbangkan setang supaya tetap berjalan lurus, agar tidak terjatuh," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menurut Reza yang menang dalam kompetisi safety riding AHM di kategori big bike, menggerakkan pinggul yang terlampau jauh melewati dari posisi tengah tulang punggung, merupakan cara yang dianggap gagal dalam kompetisi. Namun, dalam keseharian trik ini bisa diaplikasikan. "Iya bisa diaplikasikan, tetapi kalau di kompetisi gerakan itu dinilai gagal," tuturnya. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022