TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Punya Dana Rp160 Juta, Beli Ignis atau Sirion?

Keduanya tersedia dalam transmisi manual dan otomatis.
Punya Dana Rp160 Juta, Beli Ignis atau Sirion?
Suzuki Ignis di IIMS 2017 (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Pasar mobil mungil di Tanah Air diramaikan dengan kehadiran Suzuki Ignis. Mobil ini diklaim mengusung model sport utility vehicle atau SUV, namun ukuran serta harganya masuk dalam rentang mobil city car tanpa buntut.

Kehadiran Ignis tentu membuat kompetitornya waswas. Sebab, harga jual Ignis untuk tipe terendah kurang dari Rp140 juta. Sementara, pesaingnya dari Toyota, yakni Etios Valco, dibanderol Rp150,5 juta untuk versi GL dan Rp159,5 juta untuk GX MT.

Selain Etios Valco, pesaing Ignis lainnya yakni besutan Daihatsu, yaitu Sirion. Harga jual Sirion terendah adalah Rp162,5 juta, yakni yang mengusung transmisi manual. Untuk varian transmisi matiknya, konsumen harus merogoh kocek Rp173,5 juta.

Suzuki juga menawarkan tipe Ignis dengan banderol Rp169,5 juta, yakni Ignis GX AT. Ini menjadi varian tertinggi mobil yang didatangkan secara utuh dari India tersebut.

Lantas, dengan dana Rp160-170 juta, mana yang sebaiknya dipilih, Ignis atau Sirion?

Secara dimensi, Sirion sedikit lebih besar dari Ignis, meski bedanya hanya beberapa milimeter saja. Perbedaan cukup jauh ada pada jarak terendah ke tanah, Sirion 160 milimeter dan Ignis 180 milimeter. Angka ini penting bagi mereka yang kerap melalui jalan rusak atau menerobos genangan banjir.

Soal bobot, Sirion lebih berat dibandingkan dengan Ignis. Bobot Sirion versi matik mencapai 950 kilogram dalam kondisi kosong, sementara Ignis hanya 860 kg. Dalam kondisi terisi oli dan bahan bakar, bobot Sirion naik jadi 1.325 kg, sedangkan Ignis 1.280 kg.

Sirion mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1.298 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 90 daya kuda dan torsi 116 Newton meter. Tangki bahan bakar yang digunakan mampu diisi 40 liter bensin.

Suzuki memasang mesin yang sedikit lebih kecil kapasitasnya pada Ignis, yakni empat silinder 1.197 cc. Tenaga yang dihasilkan adalah 83 daya kuda dan torsi 113 Newton meter. Kapasitas tangki bensinnya juga lebih sedikit, yakni 32 liter.

Keduanya juga memakai ukuran roda yang berbeda. Sirion dipasangkan pelek dan ban berukuran 14 inci, sedangkan Ignis satu tingkat lebih besar, yakni 15 inci.

Soal keamanan, Ignis jauh di atas Sirion. Meski keduanya telah disematkan dua kantung udara di bagian depan, namun Ignis dibekali dengan anti-lock braking system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD).

Sementara, Sirion unggul ketika pengemudi harus memarkir mobil. Selain sensor belakang, Sirion juga dibekali dengan sensor parkir di bagian depan.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP