TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Lampu Lalu Lintas Canggih Sudah Mulai Diterapkan

Lampu lalu lintas ini otomatis dapat mengurai kepadatan di jalan raya.
Lampu Lalu Lintas Canggih Sudah Mulai Diterapkan
Lampu lalu lintas. Ilustrasi (www.telegraph.co.uk)

VIVA.co.id – Perkembangan zaman menuntut sarana pendukung lalu lintas mendapat sejumlah pembaruan. Hal ini tentu perlu dilakukan seiring kebutuhan, di mana diperlukan sebuah teknologi baru untuk mengurai kepadatan di jalan raya.

Salah satunya adalah lampu lalu lintas pintar yang baru diperkenalkan di Milton Keynes, Inggris. Lampu lalu lintas ini disebut pintar karena sudah ditanami artificial intelligence (kecerdasan buatan). Selain berfungsi untuk mengatur lalu lintas, lampu ini juga dapat mendeteksi kepadatan kendaraan. 

Agar teknologi dapat diaplikasikan sempurna di wilayahnya, Kota Milton Keynes bahkan rela menggelontorkan dana sekira 3 juta poundsterling. Dengan lampu lalu lintas ini, semua kendaraan dipastikan dapat tetap bergerak.

Lampu lalu lintas cerdas ternyata dikembangkan oleh sebuah perusahaan mobilitas perkotaan yang berbasis di London. "Banyak kota terbatas melakukan pengelolaan lalu lintas. Dengan lampu ini, akan ada prioritas yang diurutkan secara otomatis terhadap tingkat lalu lintas di sekitarnya," kata Chief Technologi Officer Vivacity Labs, Yang Lu, seperti dilansir Telegraph, Jumat 19 Mei 2017.

Selama ini, pemantauan lalu lintas di banyak wilayah memang masih dilakukan secara manual. Prioritas jalan dilakukan cenderung pada lalu lintas yang lebih ramai. Misalnya, jalan kecil mungkin diberi lampu hijau lebih singkat, sekira 30 detik. Sementara jalur yang terkenal padat, mungkin menyalakan lampu hijau dengan durasi lebih panjang, beberapa menit.

Tetapi dengan lampu lalu lintas canggih ini, perubahan tidak dilakukan secara manual alias otomatis. Karena bekerja berdasarkan informasi sejumlah sensor yang tertanam.

Untuk mendukung kerjanya, Milton Keynes memasang lebih dari 2.500 kamera di sekitar wilayahnya, memantau semua aktivitas kepadatan jalan raya. "Kamera AI secara akurat mengidentifikasi dan melaporkan penggunaan jalan, menghilangkan kebutuhan akan interpretasi manual yang tidak praktis, dan secara signifikan mengurangi potensi kesalahan manusia," kata Lu menambahkan.

Ke depan, teknologi ini bakal bisa berkomunikasi dengan mobil, namun masih terus dikembangkan. Setelah diterapkan jalan raya nantinya bakal lebih aman, baik bagi pengemudi dan pejalan kaki, di mana akan ada peringatan ketika ada bahaya, seperti kendaraan yang rusak di dekatnya. 

"Ini dapat memperbaiki manajemen lalu lintas, karena dapat melindungi tiap pengendara dengan memberi prioritas. Lampu ini juga bisa mengarahkan pengemudi untuk menjauh dari kemacetan," kata dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP