Land Rover Discovery Generasi Kelima Resmi Meluncur di RI

Discovery 3.0 HSE Luxury
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan All New Discovery generasi kelima setelah peluncurannya secara global pada September 2016 lalu di London, Inggris. Sport Utility Vehicle (SUV) tujuh penumpang ini mengalami ubahan pada sektor eksterior, interior dan beberapa penambahan fitur baru.

Sempat Vakum, Jaguar Land Rover Kembali Hadir di Indonesia

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai diler resmi Land Rover di Tanah Air hanya memboyong satu varian saja yakni Discovery 3.0 HSE Luxury. Mobil ini ditanami mesin V6 kapasitas 3.000 cc super charger yang mampu memuntahkan tenaga 335,3 daya kuda (dk) dan torsi 450 newton meter (nm).

Roland Staehler, Chief Operating Officer PT WAE, mengatakan, Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan All New Discovery setelah peluncuran secara global pada September lalu. Kata dia, All New Discovery merupakan SUV terbaik yang menawarkan desain dan rekayasa teknis revolusioner.

Mobil Offroad Generasi Terbaru Diuji Tabrak, Cuma Rusak Sedikit

"SUV dengan tiga baris tempat duduk dan kapasitas 7 penumpang ini tak hanya dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, namun juga menawarkan sebuah SUV yang memiliki kemampuan hebat di berbagai kondisi medan serta fleksibilitas yang tinggi," katanya saat peluncuran di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin 22 Mei 2017.

Fitur-fitur baru tertanam di dalam SUV ini. Salah satunya pelipat bangku elektrik yang dapat mengatur konfigurasi bangku di baris kedua dan ketiga melalui sentuhan tombol di bagian belakang mobil, atau melalui panel kontrol layar sentuh 10 inci di bagian depan.

Range Rover Ini Punya Fitur Mirip Mobil Presiden, Harganya Wow

Tommy Handoko, Sales Planning And Product Manager PT WAE, menuturkan, Discovery generasi kelima ini memiliki ground clearance 283 milimeter lebih tinggi dari Discovery Sport. Kata dia, SUV ini juga bisa melewati genangan air setinggi 900 mm.

"Discovery memiliki rangka alumunium yang bobotnya lebih ringan 500 kilogram dari generasi sebelumnya. Juga punya air suspensi yang bisa diatur manual dan otomatis, jika mobil berhenti dan pintu dibuka suspensi akan turun 15 milimeter otomatis, dan dalam kecepatan 100 km/jam suspensi akan turun otomatis agar mobil lebih rigid," ujarnya.

Bahkan, untuk mengajak SUV berpenggerak all whell drive ini melewati berbagai medan jalan, fitur Land Rover Terrain Response 2 sangat berguna karena dapat menyuguhkan berbagai pengaturan pengendalian kendaraan sesuai dengan medan yang akan dihadapi.

Selain itu, dengan fitur All-Terrain Progress Control (ATPC), mobil ini dapat diprogram secara otomatis untuk menyesuaikan kecepatan dengan kondisi medan yang dilalui. Teknologi pintar ini menjadikan pengemudi dapat berkonsentrasi penuh pada kemudi tanpa perlu menginjak pedal gas atau rem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya