Usai PHK Ribuan Pegawai, Bos Ford Dicopot?

Logo pabrikan mobil Ford.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Kabar mengejutkan kembali datang dari Ford Motor Company. Setelah beberapa hari lalu Ford menyatakan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja terhadap 14 ribu pegawainya di Amerika Utara dan Asia, kini Chief Executive Officer mereka, Mark Fields (56 tahun) dikabarkan telah dipecat dari posisinya.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Laporan Forbes dan New York Times, Senin 22 Mei 2017, memuat laporan tersebut, di mana Ford Motor Company dikabarkan sudah menyiapkan pengganti Fields, yakni Jim Hacket (62 tahun) yang selama ini menjabat sebagai Ketua Divisi Smart Mobility. 

Keputusan ini tentu saja kembali mengejutkan banyak kalangan. Fields sendiri mendapuk jabatan strategis sebagai CEO Ford sejak tiga tahun lalu menggantikan Alan Mulally. Seperti dilansir Paultan, putusan pemberhentian Fileds datang dari sejumlah ahli penasehat Ford. Mereka dikatakan tak tahan dengan harga saham FoMoCo yang terus anjlok tak karuan. Fields dituding gagal memimpin Ford selama ini. Terlepas dari dirumahkannya ribuan pegawai Ford di banyak negara untuk menekan pengeluaran mereka.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Walau bagaimana pun, Fields juga dituding gagal untuk menaikkan harga sahamnya. Dalam catatan, saham Ford sudah terjun sebanyak 40 persen di bawah kepemimpinan Fields.

Rombakan sepertinya tak hanya berlaku di pucuk pimpinan saja. Sejumlah posisi penting lainnya juga akan digeser. Laporan menyebut, Joseph R Hinrichs, Chairman of the Critical Division Ford juga akan naik pangkat menjadi Presiden Eksekutif Operasi Global Ford. Lalu, James D. Farley Jr, Chairman Ford Eropa akan mendaulat jabatan Ketua Pemasaran dan Penjualan di seluruh dunia. 

Gandeng Suami Jenita Janet, Arief Muhammad Terjun ke Dunia Otomotif Jadi Pemilik Bengkel

Meski kabar ini terus berembus kencang, namun Ford masih belum memberikan pernyataan resminya. “Kami hanya fokus merancang untuk memperbaiki nilai dan melakukan pertumbuhan yang menguntungkan. Kami tidak mau komentar untuk spekulasi ini,” sebut Ford dalam keterangan resminya.

VIVA Otomotif: Mobil terlaris di Indonesia September 2023

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di Indonesia pada September 2023 mengalami penurunan sebesar 6,3 persen dari bulan seb

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2023