Raja Swedia Diminta Bantu Bikin Pabrik Volvo di Indonesia

Raja Swedia, Carl XVI Gustaf, dalam kunjungan ke Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS / Darren Whiteside

VIVA.co.id – Komunitas pecinta mobil Eropa tertua di Indonesia, yakni Volvo Club Of Indonesia (VCOI), menyambut gembira kedatangan Raja Carl XVI Gustaf, dan Ratu Silvia ke Indonesia. Dia hari ini ke kawasan Kota Tua, Jakarta, dan bertemu dengan perwakilan Komunitas Volvo Indonesia.

Volvo Hadirkan Pusat Servis Canggih di Jantung Kota Jakarta

Sejumlah harapan pun digantungkan komunitas atas kehadiran Raja Swedia ke Indonesia. Salah satunya adalah agar pemerintah Swedia mau menanamkan investasi, misalnya seperti membangun pabrik perakitan di Tanah Air.

"Kami harapkan Kedutaan Swedia bisa menjembatani kepada Raja, agar Volvo bisa mempunyai pabrik perakitan di Indonesia," kata Presiden VCOI, R Endojoko PN, di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa 23 Mei 2017.

Toyota Alphard Dapat Saingan Baru, Mewah dan Super Canggih

Dia mengharapkan, Volvo tetap eksis di industri otomotif nasional. Sebab, diketahui produsen asal Swedia itu hanya menyisakan satu diler dan bengkel servis saja di Jakarta, yakni di kawasan Pantai Indah Kapuk.

"Anggota ada kurang lebih 460-an orang. Kami ada untuk melestarikan Volvo di Indonesia. Harapan kami, Volvo tetap bisa eksis," tuturnya.

Balik ke Pasar Indonesia, Volvo Pamerkan Mobil Listrik di GIIAS 2023

Dalam kesempatan sama, Sekjen VCOI, Fachrudinsyah, mengharapkan Volvo bisa merajai industri otomotif di Indonesia, sehingga bisa bersaing sehat dengan kompetitor di segmen mobil mewah.

"Volvo kan sudah diambil alih Garansindo. Mungkin Garansindo bisa menggaet kami sebagai klub untuk merawat Volvo sampai sekarang, dan tetap melestarikan Volvo agar tetap eksis," katanya.

Sekadar informasi, mobil Volvo pernah digunakan sebagai mobil dinas menteri di era Soeharto. Berkat hal tersebut, pamor Volvo di pasar otomotif nasional naik cukup tinggi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya