- www.autoevolution.com
VIVA.co.id – PT Nissan Motor Indonesia menjadi salah satu pemain mobil keluarga segmen bawah. NMI mengandalkan produk Grand Livina untuk bertarung dengan produk Low MPV lainnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, serta pendatang baru Wuling Confero S.
President Director NMI Eiichi Koito mengatakan, adanya pendatang baru merek China, Wuling di Indonesia bisa meningkatkan kompetisi antarproduk. "Kompetisi ada. Contoh, dulu sepeda motor China juga sudah datang harga juga murah, tapi lihat penjualannya bagaimana, sama saja akhirnya pilihan kembali ke konsumen," ujar Koito di Jakarta.
Untuk menghadapi persaingan tersebut, kata Koito, pihaknya tidak akan tinggal diam. NMI mengaku memiliki senjata untuk bertarung di segmen mobil keluarga pilihan sejuta umat di Indonesia. "Ada kompetisi dengan kompetitor baru, kami harus meningkatkan kualitas dan bedakan dengan mereka. Saya rasa Nissan Intelligent Mobility itu good performance dan bisa jadi senjata kami," kata Koito.
Sementara itu, Vice President Director PT NMI Davy Jeffry Tuilan mengatakan, Wuling Motors datang ke Indonesia bukan hanya membawa produk, tetapi juga berinvenstasi besar dengan membuat pabrik. Ini menjadi pertanda, bahwa merek mobil China itu benar-benar serius menggarap pasar otomotif Indonesia.
"Wuling datang dengan serius dengan basis manufaktur. Tapi perlu diingat, enggak mudah membangun outlet untuk meng-cover pulau-pulau di Indonesia. Kalau investasi saja belum tentu bisa dikembangkan dengan pesat," ujar Davy. (mus)