Strategi Nissan Bertahan di Tengah Persaingan Otomotif

Nissan March terbaru.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id – Nissan Motor Indonesia saat ini tengah fokus berbenah. Banyak hal jadi perhatian Nissan untuk memperbaiki performa bisnisnya, di tengah persaingan otomotif nasional belakangan yang makin ketat. Meramu strategi baru sepertinya akan menjadi agenda Nissan sepanjang tahun 2017.

Buka Tahun 2021, Mitsubishi Jual Lebih dari 6 Ribu Mobil di RI

Menurut Presiden Direktur NMI  Eiichi Koito, Nissan akan siap melakukan gebrakan baru di Tanah Air. Tahun ini mereka tak akan melakukan peluncuran mobil baru, dan masih akan bertahan dengan produk-produk yang ada saat ini. Penguatan strategi yang dimaksud adalah mempersiapkan 'kuda-kuda' bisnis dengan melakukan penambahan jumlah outlet, memperbaiki kualitas outlet, serta menambah rangkaian purnajual sebagai nilai plus bagi pelanggannya.

"Ini bukan sekadar menjual mobil, tapi juga pelayanan dan kepuasan pelanggan. Selama tahun fiskal 2017, Nissan dan Datsun akan mempersiapkan diri untuk memperkuat merek kami melalui Intelegent Mobility," kata Koito di Jakarta.

Nissan March Punya Wajah dan Fitur Baru, Harga Mulai Rp152 Jutaan

Fokus penguatan jaringan penjualan dimaksudkan untuk memperkuat posisi Nissan. Jika sudah dilakukan, dia percaya mereka akan tumbuh semakin pesat dengan jaringan yang makin siap dan penetrasi pasar yang lebih baik.

Sementara itu, Vice President Director NMI Davy J Tuilan mengatakan, pihaknya masih percaya diri dengan potensi pasar di Indonesia yang terus bertumbuh. Meski sekarang ini terlihat stabil, namun pasar otomotif Indonesia masih dapat menjual kendaraan roda empat lebih dari satu juta unit, dan menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di ASEAN.

Bakal Ada Lagi Nih Mobil Baru Nissan, Modelnya Double Cabin

Maka itu, penguatan jaringan penjualan dan beberapa sarana pendukung dianggap merupakan langkah yang dianggap penting untuk dilakukan. “Soal fokus segmen, MPV dinilai masih akan dominan di Indonesia meski belakangan pasar SUV meningkat. Untuk MPV, kita ada Grand Livina, SUV kita ada X-Trail, untuk mobil murah LCGC ada Datsun, kita fokuskan Datsun untuk tambah penjualan," kata dia.

Meski tahun ini Nissan tak akan merilis produk baru, namun Nissan menyatakan akan menghadirkan banyak model baru ke Tanah Air. Disinyalir debutnya mulai dilakukan pada tahun depan. 

"Untuk tahun ini kami tegaskan tidak ada produk baru yang meluncur dari Nissan. Kami akan fokus pada penguatan jaringan, jika itu sudah dilakukan, di mana sudah siap semua, deretan produk baru kami akan datang seperti kembang api, baru gampang masuk. Soal apa saja produknya, kami tidak bisa share secara detail," kata Davy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya