Ternyata Ini Penyebab Tangki Motor Sport Gampang Bocor

Tangki motor bocor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id – Popularitas sepeda motor jenis sport di Indonesia terus meningkat. Bentuk model yang sporty dan mesin lebih bertenaga jadi alasan banyak orang yang memilih motor ini.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, momok menakutkan yang kerap melanda pemilik motor sport adalah kebocoran pada bagian tangki bahan bakar. Letaknya yang berada di luar, membuat rawan kemasukan air.

"Sering sekali tangki motor sport itu bocor. Penyebabnya paling sering karena kemasukan air," kata kepala mekanik bengkel Sunda Jaya Motor, Ardhani di Jakarta, Rabu 24 Mei 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dia mengatakan, air yang masuk ke dalam tangki lama kelamaan akan membuat tangki korosi alias berkarat. Jika dalam jangka waktu yang lama, karat tersebut bisa menyebabkan tangki keropos.

Biasanya air masuk saat motor kehujanan atau dicuci, apalagi jika dicuci dengan air bertekanan dan masuk melalui sela tutup tangki. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Karena keropos itu, tangki lama kelamaan bisa bocor. Tangki yang enggak pernah diisi bensin penuh juga bisa menyebabkan tangki bermasalah karena nanti kalau enggak terisi penuh timbul uap air," ujarnya.

Jika sudah demikian, dia menyarankan, pengguna motor sport untuk mengganti tangki bahan bakar yang bocor. Biayanya sekitar Rp100 ribuan.

"Makanya pemotor kalau pakai motor jangan kotor lah, tangki harus dikuras maksimal setahun. Kalau tangki motor bocor saat perjalanan jauh solusinya bisa pakai lem besi dulu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya