Trik Perbaiki Bumper Mobil Sobek ala Bengkel Reparasi

Ilustrasi bengkel ketok magic.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Berbeda dengan produksi terdahulu, mobil-mobil keluaran baru tidak semua bagian bodinya menggunakan bahan pelat logam. Beberapa panel mobil kini dibuat dengan menggunakan bahan plastik atau fiber.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Lantas bagaimana proses reparasi jika bodi mobil berbahan plastik tersebut rusak saat mobil mengalami benturan?

Adit pengelola bengkel reparasi bodi dan cat Djuan Motor mengatakan, perbaikan bodi plastik tidaklah sulit. "Kalau untuk yang bahannya plastik atau fiber enggak bisa asal ketok. Harus dipanasi dulu baru diketok dan bentuknya diratakan," kata Adit saat disambangi VIVA.co.id, di markasnya di Jakarta Timur, Minggu, 28 Mei 2017.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Kata dia, bagian yang paling mudah dibuat dari plastik adalah bumper. Kerusakannya pun beragam, mulai dari penyok, sobek, hingga pecah dan terbelah. Jika mobil mengalami kondisi demikian, Adit mengatakan, akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Bila bumper yang robek tadi bisa direparasi, maka akan dilakukan penjahitan kembali dua bagian yang robek. Namun jika tak tertolong, maka pemilik harus bersiap untuk membeli bumper baru.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Ya kalau enggak bisa dibetulkan ya harus ganti. Beda dengan pelat, masih bisa diketok, kemudian diperbaiki dengan cat, dilas," kata pria yang bergelut di bisnis body repair sejak 2009 itu.

Selain itu, bodi plastik cenderung menghisap warna saat dilakukan pengecatan ulang. Artinya warna pada bagian tersebut bisa nampak tidak mengkilap dibandingkan dengan warna bagian bodi lainnya. "Mengecat dan finishing bagian ini juga harus tepat, kalau enggak warnanya akan belang," kata dia. (ase)

VIVA Otomotif: Ilustrasi poles bodi mobil.

Bisnis Perbaikan Bodi dan Cat Mobil Semakin Menjanjikan

Saat ini para pemiliknya semakin sadar untuk menjaga kondisi kendaraannya.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2022