Menu Sahur Antikantuk, Mujarab untuk Pengendara

Pemotor yang mengantuk hingga tertidur.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id – Mengantuk merupakan masalah yang kerap dihadapi para pengendara, baik mobil maupun sepeda motor, selama menjalankan puasa. Mengantuk saat berkendara harus dihindari, demi keamanan selama perjalanan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Nah, rasa kantuk bisa disiasati dari asupan makanan saat menyantap sahur. Dokter spesialis gizi, Marya Haryono, mengatakan, sebaiknya saat sahur mengonsumsi makanan yang cukup.

"Makan makanan yang cukup. Makanan mengandung protein dan serat, seperti sayur dan buah," kata Marya kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dia menambahkan, hindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan jenis itu bisa menyebabkan rasa kantuk berlebih setelah makan.

"Hindari makanan bertepung, bubur, berkabohidrat tinggi. Hindari gula, madu dan sirup. Minum air putih yang cukup, tetap aktif dan jaga jam tidur," tuturnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Senada dengan Marya, ahli gizi, Marudut, mengatakan, saat sahur sebaiknya mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan minim karbohidrat.

"Tubuh butuh konsentrasi, caranya dengan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan yang mudah dicerna. Sehingga, glukosa dibawa ke aliran darah dan disuplai ke otak," ujarnya.

Kata dia, hindari pula terlalu banyak makan atau overeating. Karena, jumlah makanan yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan kantuk berat. Saat merasa kekenyangan, tubuh akan bekerja berat untuk mencerna makanan.

"Makin banyak kita makan, tubuh akan bekerja dengan berat," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya