Ingin Rombak Pintu Mobil ala Lamborghini, Baca Dulu Ini

Pintu ala Lamborghini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Tampilan mobil kini bisa diubah dengan mengaplikasikan pintu model gunting ala supercar Lamborghini. Dengan gaya khas Lamborghini, pintu tidak lagi dibuka ke samping, melainkan ke atas.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Menyulap pintu standar dengan gaya pintu gunting tersebut sebenarnya hanya mengganti bagian engsel pintu. Meski demikian, modifikasi ini kata Bondi Ardi Fadilah dari Linet Lambo Door Indonesia, juga memiliki kelemahan atau risiko.

"Risiko pertama tampilan mobil jadi tidak standar. Selain itu, bagian fender (sepatbor) depan kiri dan kanan harus dibuka untuk menyesuaikan dudukan engsel baru. Tapi pintu dan semua fungsinya masih berfungsi normal," kata Bondi kepada VIVA.co.id.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Dikatakan Bondi, risiko kedua yang harus ditanggung pemilik mobil adalah soal kebiasaan membuka pintu. Pengemudi dan penumpang harus membiasakan membuka pintu ke atas.

Saat menarik handle, pintu hanya akan terbuka sedikit, kemudian harus diangkat secara manual oleh orang yang mau masuk ke kabin. Hal ini kata Bondi yang sering menjadi masalah bagi mobil standar dengan pintu Lambo.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

"Kebukanya jadi sedikit. Orang pikirnya pintunya seret atau nyangkut, kadang suka tetap dipaksa ditarik ke samping. Makanya di engsel baru, ada stopper untuk menahan. Jadi orang tahu pintunya harus diangkat," kata dia.

Lantas, bisakah mobil berpintu ala Lamborghini kembali dibuat standar? Bondi mengatakan, hal tersebut mudah dilakukan karena semua panel bodi tidak diubah.

"Kalau mau disandarkan lagi sangat bisa. Tinggal pasang lagi engsel bawaan pabrikan, pintu terbuka ke samping lagi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya