Kecelakaan Truk di Medan, Rem Blong juga Intai Mobil Kecil

Truk tronton lindas banyak pemotor di Medan Sunggal, Minggu, 28 Mei 2017.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Pengguna lalu lintas kembali dihebohkan dengan kecelakaan truk di Medan. Kecelakaan terjadi lantaran rem kendaraan angkut tersebut blong sehingga mengakibatkan truk kehilangan kendali dan menghantam barisan motor di depannya.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Berkaca dari kasus tersebut, General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman mengatakan, rem blong memang menjadi salah satu momok yang dapat memicu kecelakaan. Tak hanya kendaraan berat, rem blong juga menyasar city car. 

"Sebetulnya enggak hanya truk, mobil, bahkan sepeda pun rem-nya bisa blong. Itu sebabnya harus dilakukan pengecekan rutin pada komponen ini," kata Iwan saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 29 Mei 2017.

Kesaksian Pemilik Bengkel di Lokasi Tabrakan Beruntun Puncak: Telat Sedikit Saya Terbawa

Senada dengan Iwan, Anjar Rosadi selaku koordinator eksekutif layanan teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berujar, jika rem blong terjadi pada mobil kecil mungkin dampaknya tidak sedasyat pada kendaraan angkut besar seperti truk atau bus.

"Kejadian rem blong juga bisa di mobil penumpang kecil. Hanya bedanya, mobil kecil kan bebannya tidak seberat truk atau bus yang waktu itu rem-nya blong. Selama perawatan benar dan sesuai, saya rasa enggak akan terjadi itu rem blong," kata Anjar kepada VIVA.co.id.

5 Fakta Tabrakan Beruntun di Puncak, Kernet Truk Sempat Berteriak

Selain soal perawatan kendaraan, dikatakan Anjar, pengemudi juga harus peka dengan kondisi kendaraan yang di bawa. "Sebetulnya rem blong di mobil kecil atau besar itu bisa terasa. Kalau pengemudinya lebih peka, saat remnya sudah terasa enggak enak jangan dipaksain jalan," kata dia.

Karung penghalang motor yang remnya blong

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

 Beberapa waktu viral aksi masyarakat membuat tumpukan karung untuk menahan motor yang blong di turunan maut yang curam dan panjang. Sandiaga Uno pun memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024