Bahaya Duduk Tegak Saat Mengendarai Motor Jarak Jauh

Pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • REUTERS/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id – Berkendara dengan jarak yang cukup jauh, terutama menggunakan sepeda motor, kerap dilakukan saat mudik lebaran. Hal itu dilakukan untuk mengirit biaya pengeluaran, dan sisa uang dapat digunakan untuk keperluan membeli baju lebaran serta hidangan hari raya.

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ada trik khusus agar tubuh tidak mudah lelah saat berkendara, terutama jika melakukan perjalanan dengan jarak yang sangat jauh. Hal itu diungkapkan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu.

Pertama, posisi duduk pengendara harus memenuhi prinsip ergonomis. Artinya, pengendara harus duduk dengan nyaman dan tidak menguras stamina.

Aksi Ibu-ibu Naik Motor Nekat Lawan Arah, Warganet: Ras Terkuat di Jalanan

"Jangan duduk tegak lurus. Jangan sampai tulang punggung mendapat beban yang berat. Otot-otot dapat tegang dan stres, akhirnya membuat keletihan," kata Jusri kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Duduk dengan posisi lurus tegak, disebutkannya, juga akan menguras stamina. Stamina yang menurun akan membuat tingkat konsentrasi pengendara saat bermanuver menjadi berkurang.

Pengendara Motor Ini Minta Ganti Rugi Usai Ambil Jalur Mobil hingga Adu Banteng, Netizen Geram

"Selain ergonomis, pengendara juga harus dinamis. Tubuh harus selaras dengan kendaraan. Misalnya, motor harus ke kanan, tubuh juga ke kanan. Tapi, ada kalanya, motor ke kanan tubuh ke kiri, yaitu saat kecepatan pelan," jelasnya.

Lalu, usahakan selalu memposisikan paha bagian dalam menjepit jok. Bagi pengguna motor sport, posisikan paha menjepit tangki bahan bakar. Selain tidak membuat lelah, berkendara bisa lebih stabil dengan cara tersebut.

"Posisi paha dalam menjepit tangki atau bagian depan jok membantu keseimbangan dan pengendalian motor saat melintasi lintasan buruk," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya