Jangan Panik Rem Mobil Blong, Berikut Tipsnya

Truk tronton lindas banyak pemotor di Medan Sunggal, Minggu, 28 Mei 2017.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Insiden truk tronton yang melindas beberapa pemotor di Medan beberapa waktu lalu disebabkan rem blong. Yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah sebenarnya sikap kita saat menghadapi situasi berbahaya itu?

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Sebenarnya, rem blong yang tidak berfungsi dengan baik bisa terjadi pada semua jenis kendaraan tak hanya truk. Nah, jika Anda mengalami kasus tersebut (rem blong), tentu risko terjadi kecelakaan menjadi lebih besar.

Rem blong pada mobil, ungkap General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, bisa diantisipasi dengan cara merawat mobil dengan rutin dan benar.

Kesaksian Pemilik Bengkel di Lokasi Tabrakan Beruntun Puncak: Telat Sedikit Saya Terbawa

"Antisipasinya yang jelas harus dirawat dengan benar mobilnya, sesuai buku manual. Termasuk rutin melakukan pengecekan komponen rem apakah berfungsi dengan baik," kata Iwan.

Sementara itu, koodinator eksekutif layanan teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar, mengungkapkan, selain perawatan dan pengecekan rutin, antisipasi saat mengalami rem blong juga harus dilakukan ketika berkendara di jalan raya untuk memperkecil risiko adanya korban jiwa dari kejadian tersebut.

5 Fakta Tabrakan Beruntun di Puncak, Kernet Truk Sempat Berteriak

"Untuk antisipasi saat rem blong di jalan. Pertama, manfaatkan engine brake, ini bisa untuk menahan laju. Kedua, pakai rem tangan atau parking brake, tapi ini harus dilihat dulu kecepatannya, salah-salah mobilnya malah bisa muter," kata Anjar.

Anjar juga mengatakan, agar pengemudi tidak panik saat tahu mobilnya mengalami rem blong. "Kalau sudah terasa rem-nya blong, jangan panik. Coba berpikir cepat langkah apa yang bisa dilakukan untuk menghentikan laju mobil, kemudian lihat juga lokasi sekitar saat berkendara agar menghindari adanya korban," lanjut Anjar. (ren)

Karung penghalang motor yang remnya blong

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

 Beberapa waktu viral aksi masyarakat membuat tumpukan karung untuk menahan motor yang blong di turunan maut yang curam dan panjang. Sandiaga Uno pun memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024