TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ciri-ciri Rem Blong pada Kendaraan Pribadi

Rem blong tidak hanya terjadi pada kendaraan berukuran besar saja.
Ciri-ciri Rem Blong pada Kendaraan Pribadi
Kecelakaan bus masuk jurang di Ciloto, Puncak, Jawa Barat. (Istimewa)

VIVA.co.id – Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan informasi kecelakaan yang terjadi akibat rem blong. Kecelakaan itu terjadi pada kendaraan angkut besar. Namun, bukan berarti mobil penumpang tidak bisa mengalaminya.

Bahkan, sepeda kayuh juga bisa mengalami kejadian tersebut. Lantas, apa penyebab rem pada kendaraan bisa blong?

General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, mengatakan, penyebab utama rem blong yakni adanya kebocoran pada saluran minyak rem.

"Biasanya karena minyak rem bocor. Jadi saat panas, minyak rem berbusa dan pas diinjak jadi ngempos, karena ada udaranya. Selain itu, kampas rem habis juga bisa," kata Iwan kepada VIVA.co.id.

Senada dengan Iwan, Koordinator eksekutif layanan teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi, mengatakan, jika  ada kebocoran pada minyak rem, sebetulnya bisa dirasakan oleh pengemudi. Karena, pedal rem akan terasa keras saat diinjak.

"Dalam banyak kasus, rem blong ini biasanya karena ada kebocoran dan udara terjebak di saluran rem. Jadi saat diinjak, remnya jadi keras. Kalau kampasnya habis, lebih parah lagi. Karena, komponen rem enggak akan bisa menahan laju kendaraan," kata Anjar.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP