Kwid di Brasil Bakal Lebih Bagus Dibanding yang di Indonesia

Renault Kwid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Oktober 2016 lalu, Renault Kwid resmi meluncur untuk pasar roda empat di Indonesia. Sempat menjadi buah bibir, mobil crossover buatan India ini tampak tak terlihat pamornya hingga saat ini.

Terpopuler Otomotif: Daftar Mobil Bekas Rp100 Juta ke Bawah, Diler Renault Dilelang Beserta Isinya

Sejak awal tahun 2017, penjualan Kwid memang jauh dari harapan.  Pada Januari lalu, Kwid hanya terjual secara wholesale (pabrik ke diler) sebanyak 14 unit. Bahkan angka itu terus menurun hingga puncaknya pada Maret dan April lalu tak satupun terjual.

Catatan ini tentu sangat bertolak belakang dengan kondisi sebelum peluncuran. Begitu tingginya perhatian masyarakat tak sebanding dengan permintaan. Selain nama Renault yang memang dianggap kurang familiar di Indonesia, beberapa kalangan menganggap produk Kwid kalah bersaing karena memang faktor produknya.

Diler Renault di BSD Disita dan Dilelang Beserta Isinya

Hal itu pula yang membuat Kwid di Brasil segera berbenah dengan meningkatkan mutu dan kualitas produk Kwid yang akan diluncurkan. Yang menjadi pertanyaan, apa yang membedakan Kwid yang dipasarkan di Indonesia dengan Kwid baru yang akan dijual di Brasil?

Dilansir Ndtv, Selasa 30 Mei 2017, Kwid baru buatan Brasil memang akan dibuat dari material yang lebih mumpuni dibanding sebelumnya. Selain lebih aman termasuk dengan struktur sasisnya, Kwid Brasil juga akan lebih berat dari produksi Negeri Hindustan. Kwid buatan Brasil lebih berat 140 kg.

Mobil Listrik Konsep Ini Hadirkan Karakter yang Kuat

Selain itu, fitur keselamatan seperti airbag pada Kwid buatan India juga masih sangat terbatas, hanya untuk pengemudi saja. Sedangkan Renault Kwid buatan Brasil akan lebih aman lagi dengan ditanami empat airbag langsung.

Tak hanya itu, Kwid Brasil juga akan dijejali ABS, hal yang tidak akan Anda temukan untuk Kwid buatan India. Kwid buatan Brasil juga akan dipasangi fitur-fitur keamanan aktif lainnya seperti keamanan kursi bayi standar ISOFIX.

Banyaknya perubahan termasuk material dan fitur keamanan ini tentu demi satu tujuan yakni dapat menuai hasil bagus dalam uji tabrak. Maklum, di India sendiri, Kwid sama sekali gagal menuai bintang dari uji tabrak yang telah dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya