TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Memilih Bagasi Tambahan Mobil Jelang Mudik 

Roof box bisa menjadi pilihan alternatif sebagai bagasi tambahan.
Tips Memilih Bagasi Tambahan Mobil Jelang Mudik 
Datsun pakai roof box. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Untuk mengakali ruang bagasi yang sempit karena banyaknya barang bawaan ketika perjalanan mudik, penggunaan roof box bisa menjadi pilihan alternatif sebagai bagasi tambahan. Meski demikian perlu diingat pula pemilihan roof box di atap mobil yang tepat untuk digunakan.

Gema Wahyu, Head of Hapro Indonesia mengatakan, selain fungsi, estetika tentu juga perlu diperhatikan. karena apabila tidak sesuai akan kurang elok dipandang. Jangan lupa, sesuaikan pula dengan kebutuhan.

City car seperti Honda Jazz, Brio bagus gunakan kapasitas box 300 liter, agar tidak terlalu besar bentuknya. Sekelas Sport Utility Vehicle (SUV) dari 370-420 liter, kalau Multi Purpose Vehicle (MPV) 300-370 liter juga bagus,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id.

Dia mengatakan, bentuk roof box jangan terlalu lebar dan tinggi, karena akan memengaruhi handling dari mobil. Apabila roof box terlalu tinggi juga akan membahayakan orang lain, karena mengganggu visibilitas penglihatan pengendara lain. Untuk model SUV, dianjurkan jangan melebihi 50 sentimeter --dihitung dari tinggi atap.

Sementara untuk pemilihan roof rack, menurut Gema, karena semuanya sistem jepit, jadi tinggal disesuaikan dengan urusan kantong saja. “Lokal kapasitas berat maksimal 75 kilogram, kalau impor 120 kilogram, keduanya sama-sama terbuat dari aluminium steel,” tuturnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP