TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Risiko Ganti Head Unit di Bengkel Abal-abal

Mengganti head unit diperbolehkan, asal pemasangannya benar.
Risiko Ganti Head Unit di Bengkel Abal-abal
Paketan Audio untuk mobil Calya dan Sigra (viva.co.id/Yasin Fadilah)

VIVA.co.id – Saat hendak mudik, pemilik mobil menambahkan aksesori demi perjalanan yang lebih nyaman. Salah satu yang aksesori yang ditambah atau diganti adalah head unit. Alasannya, piranti ini bisa jadi hiburan saat terjebak kemacetan panjang.

Mengganti head unit, kata Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosadi, tidak masalah dilakukan, selama pemasangannya benar.

"Sebenarnya enggak masalah kalau ada penggantian atau penambahan di sistem audio untuk hiburan saat mudik. Poin yang penting itu ketika melakukan instalasi komponen elektronikanya," kata Anjar kepada VIVA.co.id, Jumat 2 juni 2017.

Menurutnya, konsumen sebaiknya mengganti head unit atau komponen audio lainnya di bengkel yang sudah terpercaya. "Biasanya kalau di bengkel yang memang sudah terpercaya, terlebih di sistem audio, mereka memasangnya aman," ujar dia.

"Jangan sampai ambil listriknya asal tempel aja, menyambung kabel hanya dikupas terus ditempel isolasi. Kemudian, jalur kabelnya lewat di bagian yang mudah panas. Ini kan berbahaya," tuturnya.

Ia juga mengingatkan bahwa penambahan perangkat elektronika akan menaikkan beban listrik. Jadi, lakukan penambahan seperlunya saja. Bila ingin menambah sistem audio besar-besaran, tingkatkan suplai listrik dengan cara mengganti aki dan alternator.

"Jadi, sesuaikan dengan kebutuhannya saja. Sebaiknya juga tidak merusak bentuk orisinal. Kan sayang kalau mobilnya masih buat harian. Lain soal kalau memang mobil untuk kontes modifikasi," kata dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP