Cara Paling Aman Hindari Geng Motor di Jalan, Versi Polisi

Geng motor
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id – Masyarakat di sejumlah wilayah, khususnya Jabodetabek, saat ini tengah resah dengan maraknya aksi geng motor. Terbaru, kasus melibatkan geng motor terjadi di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Korban terus berjatuhan dan polisi sepertinya mulai kewalahan dengan tindak-tanduk mereka.

Geng Motor yang Viral Serang Rumah Polisi di Bulukumba Diamankan, Pelaku Mayoritas Pelajar

Untuk mengatasi permasalahan ini, tentu diperlukan peran aktif masyarakat. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan, caranya dengan menghindar, meski kehadirannya bisa saja datang kapan pun serta di mana pun.

Wakil Kepala Polsek Matraman Jakarta Timur, AKP Diah Tin Agustina berbagi sejumlah tips bagi pemotor untuk dapat terhindar adanya aksi geng motor. "Jangan berkendara di atas pukul 00.00. Karena biasanya mereka melakukan aksinya di atas pukul tersebut sampai pagi," kata Diah saat berbincang kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Polisi Tangerang Dirikan 29 Pos Pantau Cegah SOTR di Bulan Ramadan

Diah juga menyarankan agar pemotor tak berkendara seorang diri. Bila memang terpaksa, diingatkan untuk menghindari jalan-jalan sepi. "Hindari jalan-jalan sepi kalau naik motor sendiri, misalnya ada bunyi gas motor berisik itu, cepat-cepat cari jalan yang masih ramai," ujarnya.

Selama gelaran operasi yang dilakukan, menurut dia, ada sejumlah titik rawan di Jakarta Timur yang bisa dihindari seperti Jalan Raya Bekasi menuju Duren Sawit dan Jalan Raya Bogor. "Saya pernah menemukan di daerah Jalan Raya Bogor, di sana ada geng motor. Ketika bertemu atau mendengar ada geng motor cari tempat yang aman untuk berlindung, atau cari tempat yang ramai," katanya.

Viral Geng Motor Terekam Serang Rumah Polisi di Sulsel Siang Bolong
Warga melakukan penjagaan keamanan dari aksi geng motor di Desa Sei Rotan.(B.S.Putra/VIVA Medan)

Cerita Mencekam Warga Deli Serdang soal Tawuran Geng Motor: Kami Mati Ketakutan

Kelakuan geng motor juga berbuat ulah sejak bulan Ramadhan hingga Idul Fitri. Mereka tawuran dengan merusak rumah warga Deli Serdang.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024