Mau Pasang Pelek Replika, Ketahui Dulu Plus-Minusnya

Pelek aftermarket
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Di pasaran saat ini terdapat banyak pilihan pelek mobil aftermarket yang dijual dengan banderol terjangkau atau cenderung murah. Ukuran serta model bermacam-macam, hingga berdiameter besar, alias pelek lebar. Bagi sebagian orang, pelek tersebut dianggap dapat mendongkrak penampilan mobilnya. Banyak pemilik mobil akhirnya rela menggusur pelek bawaan pabrik dan mengganti produk aftermarket berharga murah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tetapi sebenarnya ada risiko besar yang patut diperhitungkan. Menggunakan pelek aftermarket dan menggusur pelek bawaan pabrik merupakan tindakan salah. Kecuali Anda menggunakan pelek yang benar-benar memiliki merek ternama dan kualitas terjamin. Sementara pelek aftermarket yang marak di pasaran adalah berjenis replika alias tiruan.

Seperti dilansir Rushlane, Senin 5 Juni 2017, saat ini banyak pelek replika produksi China yang membanjiri pasaran di banyak negara termasuk Indonesia. Harganya memang murah, namun kualitasnya dipertanyakan. Kasus terbaru yang menimpa pemilik mobil terjadi di India. Karena iming-iming harga murah, pemilik mobil mewah Bentley akhirnya mengganti pelek bawaan pabrik dengan aftermarket replika.Tak lama digunakan, pelek itu retak dan mobil Bentley nyaris kecelakaan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kasus ini tentu tak boleh diabaikan. Karena roda merupakan satu-satunya titik kontak antara mobil dengan jalan. Artinya jangan ada kompromi saat memilih roda yang digunakan. Kendati dijual dengan harga murah, produk pelek dari China patut dihindari, karena belum ada uji ketahanannya, sementara pelek pabrikan atau OEM lebih terjamin, termasuk diberikannya garansi.

Agar tak tertipu, lebih baik perbanyak pengetahuan seputar pelek dengan membaca sejumlah literasi. Andai pun membeli disarankan pula calon konsumen lebih memilih merek yang lebih dikenal. 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Tak kalah penting, para pemilik mobil juga perlu memerhatikan Pitch Circle Diameter pada roda-roda. Kalau ingin mengganti pelek, pastikan bahwa PCD ini benar-benar sesuai dengan set roda yang akan terpasang pada kendaraan. Hal ini penting, karena jika ada penambahan spacer, bakal mengakibatkan ketegangan pada penggerak.

Pelek murah juga biasanya memiliki kekurangan lain, di mana pelek itu menanggung seluruh berat mobil. Maka ketika mobil melewati lubang dengan kecepatan tinggi, pelek bisa retak. Sementara pelek yang ditawarkan produsen ternama, akan mampu menanggung beban pada mobil.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022