Jangan Beli Mobil Saat Mepet Lebaran, ini Penyebabnya

Ilustrasi pameran mobil baru.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Jelang hari raya Idul Fitri kerap dimanfaatkan konsumen untuk mengganti kendaraan lama dengan model baru. Hal ini karena biasanya diler mobil menawarkan banyak promo dan diskon yang menarik.

Viral Warga Desa di Muara Jambi Jadi Orang Kaya Baru, Pamer Mobil Mewah Depan Rumah

Konsumen yang hendak membeli mobil baru jelang lebaran, kata wiraniaga diler Nissan Datsun di Jakarta Timur, Fina, jangan hanya terbuai dengan program spesial. Mereka juga harus memerhatikan waktu yang dibutuhkan untuk proses pengurusan surat-surat mobil.

"Kalau beli tunai, enggak terlalu masalah. Tapi, kan sekarang banyak yang kredit, karena promonya banyak. Waktu pembelian juga harus diperhatikan, karena waktu (untuk pengurusan dokumen) lebih lama," kata dia kepada VIVA.co.id.

Cara Ampuh Agar Lising Setuju saat Mengajukan Kredit Mobil Baru

Ia menjelaskan, untuk pembelian secara kredit, konsumen harus melalui proses survei dari pihak pembiayaan terlebih dulu. Jika disetujui, baru mulai tahap pengurusan unit dan pengajuan surat-surat kendaraan.

"Kalau beli mobil jelang lebaran, waktunya mepet untuk pengurusan surat-surat. Jangan sampai mobil enggak bisa dibawa mudik karena surat belum selesai," ujar dia.

Jangan Terlalu Percaya Sales, Ini Cara Aman Beli Mobil Baru

Senada dengan Fina, salah seorang tenaga penjual dari diler resmi Toyota di Jakarta Pusat, Riza, mengatakan, proses pembelian mobil secara kredit membutuhkan banyak tahapan.

"Pertama itu surat pemesanan kendaraan (SPK) dan membayar booking fee. Kemudian, kami ajukan ke leasing dan akan dilakukan survei serta validasi. Proses ini bisa sampai tujuh hari kerja. Kalau leasing setuju, masuk ke tahap purchase order (PO)," kata dia.

"Proses PO saat mobilnya ready stock, dalam arti warna dan variannya sesuai pesanan konsumen. Kalau enggak ready, ya tunggu dulu," kata Riza. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya