Fenomena Banyak Mobil Ditarik Usai Lebaran, Ini Kata Toyota

Ilustrasi kredit
Sumber :
  • duitpintar.com

VIVA.co.id – Jelang hari raya Idul Fitri kerap menjadi momen untuk mengganti mobil baru. Ini lantaran banyak promo dan potongan harga mobil baru jelang Hari Raya Idul Fitri untuk konsumen.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, permintaan yang meningkat memang membuat diler memberikan program atau paket menarik.

"Nah kalau menjelang lebaran itu memang banyak orang beli mobil makanya kalau kita punya program segala rupa," kata Soerjo.

Cara Biar Lolos dari Leasing saat Mau Kredit Mobil Baru

Pembeli mobil baru sebelum lebaran, kata Soerjo, ada dua tipe berbeda. Pertama mereka yang memilih mobil dengan emotional stylish, artinya lebih mementingkan desain dan tampilan mobil.

Sementara pembeli kedua, ujar Soerjo adalah functional buyer. Mereka membeli mobil seusai dengan kebutuhannya dan menomorduakan desain. "Itu kedua beda segmennya ya," kata Soerjo.

Viral Pria Rusak Mobil karena Mau Ditarik Leasing

Ditanya soal ada konsumen yang kerap tidak sanggup membayar setelah mobil dipakai mudik, Soerjo mengatakan, persetujuan dan kemampuan seseorang sebelum membeli mobil harusnya sudah bisa dilihat oleh perusahaan pembiayaan.

"Pada saat financing company mau menyetujui pembiayaan tersebut, kan melakukan validasi ke customer. Kalau dianggap enggak oke ya tentunya tidak akan disetujui," katanya.

"Lembaga pembiayaan punya target, mereka NPL-nya enggak boleh lebih dari 5 persen, itu aturan OJK. Jadi kalau mereka mau membiayai terus sampai ditarik banyak, ya itu problem bagi mereka sendiri," kata Soerjo. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya