Ini Dia Mobil SUV Listrik Pertama di Indonesia, Harganya?

Tesla Model X
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Prestige Image Motorcars sebagai importir umum mobil mewah resmi memboyong Tesla Model X dari Amerika Serikat. Ini menjadi Sport Utility Vehicle (SUV) bertenaga listrik pertama di Indonesia dengan kapasitas baterai 75 kWh.

Makin Memanas, Presiden Joe Biden Didesak Larang Mobil Listrik China Masuk Amerika

Di atas kertas, dengan kapasitas baterai 75 kWh, SUV ini mampu berjalan hingga 416,8 kilometer dengan kondisi baterai penuh. Dengan penggerak empat roda, SUV ini mampu mencapai kecepatan maksimal 130 mph atau 209,2 km/jam. Dari diam hingga 100 km/jam hanya butuh waktu 6 detik.

"Kami juga menyediakan tiga pilihan baterai yaitu, tipe 90D atau 90 kWh, 100D atau 100 kWh dan P100D dengan baterai 100 kWh, input tenaga lebih besar dan jarak tempuh lebih jauh," kata Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim di Pluit, Jakarta Utara, Selasa, 6 Juni 2017.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Lanjut dia, untuk harga Tesla Model X dengan baterai 75 kWh ini dibanderol US$200 atau setara Rp2,6 miliar. Kata dia, konsumen bisa menentukan sendiri ukuran velg, warna jok dan kapasitas baterai. Jadi untuk harga bervariasi.

Selain itu, setiap pembelian SUV ini konsumen sudah diberikan alat pengisian baterai khusus atau yang disebut wall charging. "Dari kondisi baterai kosong tidak menggunakan wall charging waktunya bisa 20 jam hingga baterai penuh. Kalau menggunakannya hanya 7 jam," tuturnya.

Duel Xiaomi dan Huawei Memanas di Ranah Mobil Listrik

Pada sektor eksterior, desain bodi terbuat dari alumunium ini terlihat futuristik seperti mobil masa depan, terlebih dengan desain pintu gunting atau yang disebut falcon wing doors. Untuk penerangan, mulai dari lampu utama, belakang sampai sein sudah full LED.

Dan menariknya mobil ini sudah dibekali fitur AutoPilot, semacam semi autonomus. Dalam kecepatan tertentu SUV ini mampu berjalan sendiri tanpa perlu pengendalian setir dan pedal gas rem. Fitur lainnya, traction control, electronic stability control dan electronic parking brake juga tersedia.

Sedangkan dalam kabin, terdapat layar sentuh sebesar 17 inci pada konsol tengah yang bisa mengakses, musik, video, bluetooth, menerima telepon, radio dan informasi soal tekanan ban. (ase)

Lihat bagian luar dan interior Tesla Model X di video OtoVIVA ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya