Perbandingan Biaya Cas Mobil Listrik Vs BBM Mobil Biasa

Mobil listrik SUV Tesla Model X
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id – Mobil kelas Sport Utility Vehicle bermesin bensin dan diesel yang dipasarkan di Indonesia memiliki beragam kapasitas, mulai dari 1.500 cc hingga 5.000 cc.  Akibat besarnya kapasitas mesin dan bobot kendaraan yang berat, tidak heran jika penggunaan bahan bakar minyak cukup menguras kantong.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Terlebih jika jarak tempuh yang dilalui hingga ratusan kilometer. Sebagai solusinya, Prestige Image Motorcars menghadirkan SUV bertenaga listrik, yakni Tesla Model X, di Tanah Air.  

Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, mengatakan, jika dibandingkan dengan SUV yang memiliki tenaga dan bobot yang sama dengan Model X, tentu biaya yang dikeluarkan lebih irit mobil listrik.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

“Tesla Model X kapasitas baterai 75 kilo Watt hours untuk menempuh jarak 350 kilometer. Dihitung 75 x Rp1.500 (biaya listrik), Rp112,5 ribu yang dikeluarkan. Jika mobil jarang dipakai, baterai dalam keadaan penuh tidak habis-habis,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Sebagai perbandingan, mobil SUV bermesin konvensional butuh biaya BBM sekitar Rp200-300 ribu untuk menempuh jarak yang sama. Dari segi perawatan, mobil listrik juga tidak memerlukan banyak penggantian suku cadang.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Di atas kertas, kapasitas baterai 75 kWh mampu digunakan untuk menempuh jarak 416,8 kilometer. Dengan penggerak empat roda, SUV ini mampu mencapai kecepatan maksimal 209,2 kilometer per jam.

Sebagai informasi, tarif listrik per tahun ini untuk tegangan rendah per kWh yakni Rp1.467, tegangan menengah Rp1.114 dan tegangan tinggi Rp996. (ren)

Penasaran dengan bentuk lengkap Tesla Model X? Saksikan di video OtoVIVA berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya