Anggota DPR Kepincut Mobil Listrik Rp2,6 Miliar

Tesla Model X
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Kendaraan dengan penggerak motor listrik diklaim lebih ekonomis dibanding kendaraan bermesin bahan bakar minyak atau BBM. Selain lebih murahnya tarif listrik ketimbang BBM, mobil bermesin konvensional juga membutuhkan perawatan berkala yang lebih sering.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Sementara, mobil listrik seperti Tesla Model X dan Tesla Model S yang diboyong dari Amerika Serikat oleh importir umum Prestige Image Motorcars, berbeda. Kedua mobil listrik ini tidak memerlukan pergantian suku cadang dan perawatan.

Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, mengatakan, mobil Tesla tidak membutuhkan servis berkala dan perawatan khusus. Kata dia, tidak ada pergantian oli maupun komponen mesin.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

“Diganti hanya ban dan kampas rem, hitungannya tahunan. Serta karet wiper. Selebihnya tidak ada perawatan atau servis khusus. Karena di Amerika sendiri, mobil ini hanya dicas dan jalan,” ujarnya kepada VIVA.co.id di Pluit, Jakarta Utara.

Selain itu, baterainya pun tidak perlu ada perawatan. Pihak pabrikan menyebut, umur baterai bertahan hingga 10 tahun, dan itu waktu yang cukup lama untuk penggunaan mobil pribadi.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan, banyak keuntungan memiliki mobil listrik seharga Rp2,6 miliar. Tapi, karena aturan pemerintah yang belum rampung, harga mobil ini (Tesla Model X) terlalu mahal.

“Ekonomis, enggak perlu perawatan, ganti busi dan lain sebagainya. Artinya, keluarga tak perlu lagi memikirkan servis segala macam. Saya sendiri tertarik untuk punya juga, supaya jadi contoh penghematan ekonomi,” ujarnya saat ditelepon Rudy. (ase)

Penasaran dengan bentuk lengkap Tesla Model X? Saksikan di video OtoVIVA berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya