TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Ampuh Atasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik

Orang berpuasa memiliki tingkat konsentrasi bagus 6 jam setelah sahur.
Cara Ampuh Atasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik
Ilustrasi macet mudik. (ANTARA/M Agung Rajasa)

VIVA.co.id – Bagi Anda yang ingin pulang ke kampung halaman saat musim mudik Lebaran, tentu butuh persiapan khusus. Selain kendaraan yang mesti dipersiapkan, fisik pengemudi juga demikian. Karena kondisi fisik pemudik ketika menjalani ibadah puasa berbeda dengan tidak berpuasa.

Rifat Sungkar, penggiat keselamatan berkendara di jalan raya mengatakan, orang yang berpuasa tentu mengalami penurunan konsentrasi saat berkendara. Penyebabnya terkait psikologis pengemudi. Jika orang mengalami kekurangan air dan asupan makanan, konsentrasinya pasti tidak baik.

"Teorinya begini, kalau kita lagi berada di dalam situasi yang water levelnya di atas 80 persen (cairan di dalam tubuh), pasti bakal punya kosentrasi yang bagus. Di dalam mobil itu yang harus kita pertahankan dua, yaitu level oksigen dan level air," ujar Rifat saat ditemui di Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat.

Penggawa Rifat Drive Labs ini menjelaskan, orang yang berpuasa memiliki tingkat konsentrasi bagus enam jam setelah jam sahur, tetapi setelah itu akan terjadi kehilangan konsentrasi. Jika sudah demikian mereka memerlukan istirahat.

"Triknya satu, ketika sudah driving away harus tidur siang. Karena ketika tidur siang badan kita seperti diriset ulang, seakan-akan baru mulai lagi. Nah tidur siang enggak perlu lama, setengah jam atau satu jam cukup." (mus) 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP