Cara Ampuh Atasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik

Ilustrasi macet mudik.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Bagi Anda yang ingin pulang ke kampung halaman saat musim mudik Lebaran, tentu butuh persiapan khusus. Selain kendaraan yang mesti dipersiapkan, fisik pengemudi juga demikian. Karena kondisi fisik pemudik ketika menjalani ibadah puasa berbeda dengan tidak berpuasa.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Rifat Sungkar, penggiat keselamatan berkendara di jalan raya mengatakan, orang yang berpuasa tentu mengalami penurunan konsentrasi saat berkendara. Penyebabnya terkait psikologis pengemudi. Jika orang mengalami kekurangan air dan asupan makanan, konsentrasinya pasti tidak baik.

"Teorinya begini, kalau kita lagi berada di dalam situasi yang water levelnya di atas 80 persen (cairan di dalam tubuh), pasti bakal punya kosentrasi yang bagus. Di dalam mobil itu yang harus kita pertahankan dua, yaitu level oksigen dan level air," ujar Rifat saat ditemui di Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Penggawa Rifat Drive Labs ini menjelaskan, orang yang berpuasa memiliki tingkat konsentrasi bagus enam jam setelah jam sahur, tetapi setelah itu akan terjadi kehilangan konsentrasi. Jika sudah demikian mereka memerlukan istirahat.

"Triknya satu, ketika sudah driving away harus tidur siang. Karena ketika tidur siang badan kita seperti diriset ulang, seakan-akan baru mulai lagi. Nah tidur siang enggak perlu lama, setengah jam atau satu jam cukup." (mus) 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022