TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Beberapa Keuntungan Berkendara Mudik di Malam Hari

Saat Ramadan, siang hari kondisi tubuh tidak fit.
Beberapa Keuntungan Berkendara Mudik di Malam Hari
Arus balik pemudik lebaran (ANTARA FOTO/Rudi Mulya)

VIVA.co.id – Umumnya, berkendara di malam hari, tentu berisiko. Sebab, kondisi fisik sudah menurun, setelah melakukan aktivitas. Tetapi, di bulan Ramadan, hal itu berbeda ketimbang hari biasanya.

Hal itu disampaikan pegiat keselamatan berkendara Rifat Sungkar. Maka itu, malam hari disebut waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Saya selalu menyarankan, kalau mau mudik jamnya dibalik. Jam malam orang memang takut nyetir karena penglihatan, makanya masalah kesehatan di penglihatan harus diberesi. Tetapi, ada untungnya (berkemudi di malam hari)," ujarnya, saat ditemui di Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat. 

Selain itu, ada keuntungan lainnya mengemudi di malam hari saat Ramadan, meski pada kecepatan berapa pun Anda akan lebih peduli dengan kondisi lalu lintas. Tidak tergesa-gesa, stres karena macet, serta tubuh lebih segar, ketimbang siang hari. Karena, level air dan oksigen sesudah buka puasa tercukupi.

"Lalu akan lebih konsentrasi, karena ketika ada mobil, atau motor yang datang lebih terlihat, karena adanya sinar lampu dan konsennya lebih terlihat. Jika orang yang sering keluar kota, pasti mengalami hal seperti ini," sambungnya.

Lantas berapa lama waktu istirahat yang diperlukan? Menurut penggawa Rifat Drive Labs ini, sebenarnya apabila mudik malam dan kondisi lalu lintas lancar, waktu istirahat justru lebih dipercepat.

Berbeda dengan kondisi siang, atau macet. Istirahat disarankan dilakukan tiap mengemudi tiga jam sekali (berkendara malam). Sementara itu, jika menemui kondisi macet istirahat tiap empat jam sekali.

"Karena, kita dalam ruang kemudi lupa dan biasanya ingin cepat sampai dan itu pola pikirnya salah. Karena kita harus sampai tujuan dengan selamat dan sepanjang perjalanan harus enjoy, tidak boleh mengejar waktu," tuturnya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP