TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kisah Si Cantik Karmila, Menantang Maut Joki Tong Setan

Karmila merupakan perempuan yang berprofesi sebagai joki tong setan.
Kisah Si Cantik Karmila, Menantang Maut Joki Tong Setan
Karmila beratraksi di atas motornya. (Instagram Karmila Purba)

VIVA.co.id – Namanya Karmila Purba, perempuan berambut panjang berusia 19 tahun. Wajahnya hitam manis, kurus dan bertato. Siapa sangka di balik tubuhnya yang kurus Karmila menyimpan keberanian luar biasa.

Ya, Karmila Purba ternyata merupakan perempuan yang berprofesi sebagai joki tong setan. Saban hari dia beraksi menantang maut di atas sepeda motor, menari-nari di sebuah tong besar dengan kecepatan tinggi. Berkat kepiawaiannya itu pula rupiah demi rupiah akhirnya mengantong deras ke kantong perempuan yang karib disapa Mila ini.

Tak cuma di Indonesia, Mila juga sudah dikenal hingga mancanegara. Ini berkat pemberitaan salah seorang fotografer yang bekerja di media asing, dan tertarik mengabadikan profilnya serta melampirkan aksi-aksi horornya di atas sepeda motor. Jadilah Mila populer dan sempat menghiasi beberapa media internasional pada pertengahan Agustus 2016 lalu.

Seperti dilansir Metro dan The Guardian, Mila mudah dijumpai di pasar malam di kawasan Deliserdang, Sumatera Utara. Perempuan asal Pematang Siantar, Sumatra Utara, ini hampir tiap malam melakukan pertunjukan bersama beberapa temannya. 

Awal ketertarikannya menjadi joki tong setan bermula ketika dia putus sekolah, di kelas 1 SMA, karena tak ada biaya. Sebenarnya dia sangat ingin jadi seorang musisi. Sejak kecil Mila berniat masuk ke sekolah musik, namun orangtua yang miskin tak mengizinkannya. Mimpi besar itu lalu terpaksa dikuburnnya dalam-dalam.

Atraksi akrobatik Tong Setan

Atraksi akrobatik Tong Setan Karmila (Reuters)

Pasca-putus sekolah, Mila memilih untuk membantu perekonomian keluarga dengan menjadi joki tong setan. Pada awal-awal, orangtua sempat melarang. Kegiatan itu tak mendapat restu karena orangtua khawatir dengan keselamatannya. Apalagi tiap beraksi tak disertai dengan perangkat keamanan seperti helm dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, orangtuanya kemudian mengizinkannya.

Tiap bulan Mila mendapat gaji sekira Rp4-5 juta. Uang itu didapat dari gaji mingguan sebesar Rp600 ribu dan mendapat saweran dari penonton hingga Rp300 ribu per malam. Separuh dari penghasilannya lalu dikirim ke orangtua.

 

Karmila Purba tengah beraksi di tong setan.

Karmila Purba tengah beraksi di tong setan. (Instagram/Kamila Purba)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP