Empat Bahaya yang Muncul Bila Mobil Sering Dijemur

Parkiran mobil.
Sumber :
  • www.nbcnews.com

VIVA.co.id – Minimnya lahan parkir di perkotaan membuat pemilik kendaraan abai terhadap kondisi mobilnya. Akibatnya mobil lalu diparkir sembarang tempat seperti di lahan terbuka yang langsung terkena paparan sinar matahari. Untuk sesekali memang tak masalah, namun jika sering dilakukan apalagi dengan durasi berjam-jam, ada beberapa bahaya yang timbul pada mobil Anda.

Gokil! Viral Video Bocah Usia 3 Tahun Pamer Bawa Ferrari SF90 Milik Orang Tuanya

Ada empat bahaya yang timbul bila Anda sering memarkirkan mobil di bawah sinar matahari. Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, pertama adalah eksteriornya. Warna mobil akan lebih pudar dan kusam. Suhu yang tinggi juga berpotensi memanggang cat dan karet-karet. Maka itu lebih baik memarkirkan mobil di basement atau di bawah lokasi teduh agar cat terlindungi dari matahari.

Bahaya kedua yang ditimbulkan yakni bagian karet pada wiper dapat mengeras dan rusak. Jika demikian, bisa menyebabkan baret pada kaca ketika dipakai, sebab karet wiper tak lagi elastis. Maka itu sebelum meninggalkan mobil, selalu biasakan untuk menegakkan batang wiper agar tak bersentuhan langsung dengan kaca. Ini berguna untuk menghindari karet wiper mengeras atau menjadi tidak rata, karena menempel dengan kaca yang panas.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Bahaya ketiga ada pada interior. Suhu di dalam kabin bisa menjadi sangat tinggi hingga 70 derajat celsius. Selain tidak nyaman, suhu tinggi dapat berpengaruh pada cat dasbor mobil. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa lapisi kaca mobil dengan kaca film yang mampu mengurangi efek sinar ultraviolet ke kabin. Pilih kaca film yang memang sudah terkenal kualitasnya.

Keempat, AC cepat rusak. Umumnya pengendara akan menyalakan AC dengan suhu tinggi agar suhu mobil cepat turun. Hal ini malah memboroskan bahan bakar serta membuat kinerja AC tidak akan optimal. Langkah yang seharusnya Anda bisa lakukan yakni sebelum menyalakan AC sebaiknya buka jendela lebih dahulu agar uap panas keluar, sehingga kondisi mobil lebih dingin. Setelah itu barulah nyalakan AC.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria
Pemilik rumah bikin garasi permanen di jalan.

Polda Metro dan Dishub Kaji Aturan Kepemilikan Garasi untuk Syarat Perpanjang STNK hingga SIM

Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mengkaji wacana kepemilikan garasi sebagai satu syarat untuk memperpanjang STNK, hingga SIM untuk pemilik mobil.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2023