Efek Fatal Tak Cuci Mobil Usai Dipakai Mudik

Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Mudik ke kampung halaman di momentum jelang Lebaran memang menjadi perjalanan yang melelahkan. Sebab, perjalanan dilakukan bersamaan dengan banyak orang lain, sehingga potensi macet sangat besar.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Umumnya banyak pemudik yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil, memilih langsung istirahat sesampainya di lokasi.

Tetapi, sebenarnya ada anjuran yang patut untuk dilirik. Menurut Deni Yohanes, Professional Detailer Meguiars, sesampainya di tempat tujuan, pemilik diharapkan mencuci mobil terlebih dahulu. Terlihat sepele dan dianggap bisa dilakukan kapan saja. Namun, ternyata berakibat fatal jika tidak dilakukan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Itu agar terhindar dari kerak-kerak efek dari debu yang menempel seperti noda aspal, jamur, dan oksidasi akibat cuaca. Jika dibiarkan warna mobil akan kusam,” ujar Deni saat ditemui VIVA.co.id, di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Rabu 21 Juni 2017.

Kotoran yang menempel dikatakan akan lebih berpotensi merusak eksterior pada mobil berwarna terang seperti abu-abu, putih, dan sejenisnya. "Dianjurkan setelah sampai di kampung halaman kendaraan dicuci terlebih dahulu. Agar terhindar oksidasi polusi knalpot kendaraan dan polusi udara yang menempel pada cat," tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Sementara itu, menurut Yanuar Fadillah Zakir, Advertising and Promotion Meguiars, jika pencucian dilakukan setelah kembali dari kampung halaman akan berakibat fatal. Seperti muncul kerak jamur pada bodi karena waterspot. Selain itu, noda aspal yang menempel di bodi akan semakin mengeras dan berpotensi merusak lapisan cat. (art)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022