Perhatikan 4 Hal Ini Saat Motor Ditinggal Mudik Lama

Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Mudik Lebaran menjadi aktivitas rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Banyak pemudik lebih memilih menggunakan alat transportasi umum seperti kereta dan bus untuk dapat berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Apabila menggunakan sarana transportasi umum untuk pulang kampung, secara otomatis motor kesayangan pun ditinggal di rumah.

Nah, seperti kendaraan pada umumnya, ada beberapa hal yang harus terlebih dulu dilakukan sebelum Anda meninggalkan motor dengan rentan waktu cukup lama.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Zainal mengatakan, bila ada empat hal penting yang perlu dilakukan saat hendak meninggalkan sepeda motor dengan jangka waktu cukup lama.

"Harus diperhatikan benar itu, kalau salah-salah nanti malah sulit sendiri karena motor mungkin sulit menyala atau buruknya bisa saja mengalami kerusakan," ungkapnya kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Agar motor tetap prima digunakan setelah ditinggal mudik, Zainal mengatakan terdapat empat hal yang harus dilakukan, berikut ulasannya:

- Hal pertama adalah usahakan sepeda motor ditinggal dengan keadaan sangat bersih dan kering. Karena motor dapat terhindar dari korosi atau karat selama di tinggal pergi mudik.

- Kedua anda perlu mencabut aki motor, dikarenakan aliran listrik dari aki akan terus mengalir, sehingga aki akan cepat soak.

- Mengisi bensin dalam kondisi penuh atau fulltank, atau menguras tangki sampai benar-benar kosong dan bersih adalah hal yang harus anda lakukan. Hal ini untuk menghindari terjadinya karat pada mesin karena proses penguapan bensin saat ditinggal cukup lama.

- Gunakan standar ganda untuk mendirikan motor dan berikan alas pada ban agar tidak menempel langsung ke lantai untuk menghindari ban kempes atau bocor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya