Gunakan Motor Matik Buat Mudik, Periksa Komponen Penting Ini

Ratusan pemudik bersepeda motor
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Meski memiliki risiko lebih besar, mudik menggunakan sepeda motor masih banyak diminati dari tahun ke tahun. Salah satu alasan pemudik lebih memilih mengendarai moto yakni waktu relatif lebih cepat tiba tempat tujuan.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Selain itu, pemudik juga bisa menggunakan motor untuk berkunjung ke rumah sanak saudara di kampung halaman. Menjadi segmen penjualan motor terbanyak dibandingkan bebek dan sport, skuter matik (skutik) juga kerap disiksa saat mudik.

Memiliki mesin dan beberapa komponen berbeda dari dua segmen motor lainnya, persiapan yang harus dilakukan saat menempuh perjalanan jauh dengan skutik tentu saja tidak sama dengan motor bebek dan sport.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

"Persiapannya mungkin hampir sama, tapi tentu saja ada beberapa hal yang terdapat di motor matik tapi tidak ada di motor bebek dan sport, karena itu pengguna juga harus memeriksa komponen-komponen penting ini sebelum mudik," kata Mekanik bengkel Eka Jaya Motor, Zainal di Kawasan Anyar, Jakarta Barat.

Lebih banyak Zainal mengatakan komponen penting yang harus diperiksa itu terdiri dari ban belt dan filter udara.

Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

"Kita harus memperhatikan dan harus periksa beberapa bagian penting yaitu van belt, roller, busi, filter udara, dan oli gardan. Hal ini tentu saja agar motor matik dapat berjalan maksimal tanpa ada kendala meski menempuh perjalanan jauh," ujarnya.

Hal yang tidak boleh dilupakan, diungkapkan Zainal yakni penggantian filter udara apabila skutik telah menempuh jarak cukup jauh. "Kalau sudah mencapai 17.000 kilo meter, sebaiknya filter udara segera di ganti dengan yang baru," katanya.

Tim jelajah mudik 2017 VIVA.co.id sempat menyusuri jalur Tol Trans Jawa jelang arus mudik berlangsung. Salah satu titik penting adalah rest area (tempat peristirahatan).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya