Jangan Kendarai Motor Lebih 8 Jam saat Mudik, Bahaya

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali

VIVA.co.id – Mudik menggunakan sepeda motor sebenarnya tidak disarankan, karena berisiko tinggi bisa membahayakan jiwa pengendaranya. Apalagi jika satu motor ditumpangi lebih dari dua orang.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Namun karena mahalnya biaya mudik menggunakan kendaraan lain, mudik dengan motor akhirnya menjadi pilihan, meski sejumlah bahaya menghantui. Nah, pemudik yang terpaksa menggunakan motor ada baiknya memerhatikan beberapa hal.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengatakan jika terpaksa naik motor, pemudik disarankan memperpendek jarak tempuh motor.

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

"Misalnya saya mau pulang ke Nganjuk, titip motor melalui kereta ke Solo turun di Solo naik motor. Perpendek jarak, bisa menekan kecelakaan," kata Jusri kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Selanjutnya mulai menerapkan pola istirahat. Dua jam pertama perjalanan, pemudik disarankan untuk istirahat selama 15-20 menit. Setelah beristirahat dua jam pertama dan berjalan kembali maka rencanakan setiap 1,5 jam perjalanan melakukan istirahat.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

"Tidurnya harus berkualitas 15-30 menit. Tidur ala power nap, bisa mengembalikan stamina. Jika enggak bisa tidur, sumpel telinga pakai ear plug sehingga membantu mendapatkan tidur berkualitas," kata dia.

Untuk alasan keselamatan dan kesehatan, usahakan total perjalanan mengendarai sepeda motor dalam satu hari tidak lebih dari delapan jam saat berpuasa dan 10 jam di luar bulan puasa.

"Kalau dia berangkat subuh, perjalanan sampai 10 jam. Stamina bakal drop," ujarnya.

Terakhir adalah tidak membawa barang yang tidak penting. Agar tidak melebihi beban motor. Jusri menyarankan agar pemotor menyuruh keluarganya mudik dengan moda transportasi lain.

"Kalau punya keluarga, keluarganya lebih baik naik bus atau kereta. Nanti dari sana pakai motor. Titipkan motor di jasa pengiriman motor untuk dibawa ke kampung halaman" kata dia.

Tim jelajah mudik 2017 VIVA.co.id menjajal beberapa rute Tol Trans Jawa yang bakal dilewati pemudik. Banyak rute berbahaya karena gelap gulita. Kabarnya banyak yang sudah keluar jalur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya