Tips Nyetir Mobil di Jalanan Berdebu, Wajib Tahu

Hati-hati, Jalan Tol Brebes-Batang Berdebu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Sejumlah ruas tol fungsional diklaim masih banyak kendala termasuk banyaknya debu dan kerikil. Dengan kondisi jalan yang berdebu dan berkerikil tentu membuat kendaraan menjadi tidak stabil.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Demi keselamatan berkendara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemudik yang bakal melintasi jalur berdebu dan berkerikil. Hal itu dikatakan Instruktur Senior Indonesia Road Safety Agent, Poedyo Santosa.

Pertama, pastikan seluruh kaca kendaraan dalam keadaan tertutup rapat dan sirkulasi udara tertutup dari luar, sehingga udara kotor tidak masuk.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Pastikan seluruh penumpang telah menggunakan seat belt dengan benar, nyalakan AC pada pada kondisi kabin tidak terlalu dingin," kata Poedyo kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 22 Juni 2017.

Dia juga menyarankan untuk melintasi dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam. Namun, kurangi kecepatan bila lintasan bergelombang.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Ketika melintas di jalanan berkerikil atau pasir, cengkeraman roda terhadap lintasan berkurang, akibatnya kendaraan akan mudah selip. Pastikan ban yang digunakan memiliki tapak yang cukup baik, kurangi kecepatan ketika melintas di jalanan berkerikil," ujarnya.

Selain itu, tak boleh lupa untuk tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan maupun di belakangnya. Jika jarak cukup, Anda tidak akan kaget ketika kendaraan di depan melakukan pengereman. Lalu, cek spion jika kendaraan di belakang terlalu dekat beri kesempatan agar dapat mendahului.

"Jangan terlalu banyak memainkan kemudi, kendaraan dapat oleng karenanya, kurangi kecepatan. Lakukan pengereman dengan halus, jangan menginjak pedal rem terlalu dalam, kocok rem dengan halus," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya