Mudik Lewat Jalan Berdebu, Segera Periksa Komponen Ini

Hati-hati, Jalan Tol Brebes-Batang Berdebu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Bagi pemudik yang memanfaatkan jalur darurat atau fungsional, mulai dari Brebes hingga Semarang diminta untuk berhati-hati lantaran kondisi jalan yang belum cukup memadai. Di jalur ini, debu dan kerikil menjadi momok.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Kondisi jalan yang berdebu tersebut ternyata perlu diwaspadai bagi pemilik kendaraan roda empat. Karena partikel debu tersebut akan memengaruhi kinerja mesin mobil. Hal itu diungkapkan Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta, Dolf Valentino.

"Kalau itu paling pengaruhnya di filter udara. Karena udara dari luar akan dihisap dan ditahan filter atau saringan agar kotoran tersebut tidak masuk ke mesin. Debu ini akan membuat kerja filter bertambah," kata Dolf di Jakarta, Jumat 23 Juni 2017.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Dia menyebut, jika partikel debu dan kotoran sampai masuk ke dalam ruang pembakaran, dipastikan mesin mobil tidak akan bekerja lebih maksimal. Bisa juga akan terjadi keausan jika kotoran sampai masuk ke mesin tetapi tidak dalam jangka pendek.

"Kalau saringan udara mampet, nanti pas menginjak throttle gas bertambah, dengan demikian konsumsi bahan bakar pun bakal bertambah," katanya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Untuk mengembalikan kinerja mesin yang lebih optimal, dia menyarankan agar pemudik melakukan pembersihan filter udara saat tiba di tempat tujuan. Atau jika mudik tidak dalam jangka waktu lama bisa dilakukan setelah kembali dari kampung halaman.

"Pemudik kan enggak setiap hari lewat jalur fungsional. Nah, dengan kondisi itu, waktu penggantian filter udara cukup periodik saja, seperti yang dianjurkan para pabrikan. Lagi pula  debunya enggak pekat seperti di daerah tambang," ujar dia. (art)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022