Perlu Tidaknya Mudik Bawa Pompa Ban Portabel

Arus mudik via Jalur Limbangan dan Kadungora Garut mulai padat
Sumber :
  • VIVA/Diky Hidayat

VIVA.co.id – Beberapa pemudik yang menggunakan mobil pribadi beranggapan bahwa membawa pompa ban portable dan alat tambal ban penting. Mengingat jalur yang dilintasi untuk menuju kampung halaman jarang bengkel.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Seperti halnya, Susanto yang memiliki kampung halaman di Pegunungan Dieng Wonosobo yang kerap membawa kedua alat tersebut. “Saya bawa tambal ban tubeless dan kompa portable buat jaga-jaga aja, soalnya jarang bengkel,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Tapi, menurut beberapa keterangan teknisi lebih baik memanfaatkan ban cadangan. Karena menambal ban pun tidak semudah yang dibayangkan, terkecuali sudah biasa.  

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, mengungkapkan mudik ke Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur itu sebenarnya tak perlu bawa pompa. Ini karena sangat mudah menemukan bengkel tambal ban.

“Yang penting pastikan ban cadangannya siap, jadi kalau ban bocor bisa pakai ban cadangan,” tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Menurut Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, meskipun dimensi pompa portable kecil, tetap makan tempat juga. Kata dia, sesuai pengalamannya mudik ke Jawa Barat jarang sekali ban bocor.

“Mending pastikan ban serep bagus, tebel, anginnya cukup. Dan pastikan sebelum untuk kondisi keempat ban masih tebal dan tekanan anginnya sesuai. Tapi ya mungkin beberapa orang berpikir lain karena pengalamannya,” kata Iwan. (ren)
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022