Haram-Halal Ngecas HP di Mobil Saat Macet

Charger HP di mobil.
Sumber :

VIVA.co.id – Telepon genggam menjadi alat komunikasi yang tak pernah lepas dari tangan penggunananya. Oleh sebab itu, untuk mencegah baterai handphone habis, power outlet di mobil kerap dimanfaatkan terutama saat perjalanan jauh seperti mudik.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tapi, apakah aki akan drop jika terus-terusan mengisi baterai handphone di mobil?

Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, mengungkapkan tiidak ada pengaruh ke aki saat Anda mengecas HP di mobil, karena arus listrik power outlet itu kecil. Terkecuali, mesin mobil mati hanya kontaknya saja yang hidup.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Kalau kontak on saja (hanya kelistrikan yang menyala), dan ngecasnya cukup lama ditambah audio menyala pasti aki akan soak,” ujar Iwan kepada VIVA.co.id.

Hal yang sama pun disampaikan Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor. Kata dia, mengisi baterai handphone di mobil tidak apa-apa selagi kondisi mesin hidup karena hanya satu atau dua ampere.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Yang penting mesin mobilnya tetap hidup, jadinya aki mobil tetep dapet terisi dari alternator. Tapi, kalau mesin mobilnya dimatikan dan posisi kontak on, jangan cas handphone atau menyalakan audio, pasti aki akan tekor,” tuturnya. (ren)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022