Banyak Pemudik Pemula di Jalan, Hati-hati 'Kecolongan'

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Kecelakaan yang terjadi saat mudik Lebaran tidak terlepas dari cara berkendara pemudik itu sendiri. Sebab, kegagalan mengemudikan motor atau mobil saat menuju kampung halaman bukan karena jalan yang belum layak dan kendaraan yang belum siap, tapi orang itu sendiri.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Penggiat Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengungkapkan kecelakaan yang terjadi saat mudik karena kurangnya pemahaman berkendara sehingga gagal menyikapi. Kata dia, stigma seperti itu harus diubah, kecelakaan terjadi bukan karena jalan dan kendaraannya.

“Kita perlu sadari pada saat mudik ini banyak pengemudi motor dan mobil yang belum berpengalaman. Pastinya mereka bukan pengendara motor sebelumnya dan pengemudi mobil sebelumnya,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 24 Juni 2017.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Lebih lanjut Jusri yang sekaligus punggawa JDDC ini menuturkan, bisa saja ritual mudik ini merupakan event pertamanya membawa kendaraan setelah naik kelas. Misalnya, dari pengguna motor jadi mobil, dan yang belum mempunyai motor ketika mudik pakai motor.

“Jadi bagi orang-orang yang ada di jalan perlu menyadari bahwa di kanan kiri atau di depan saat melakukan perjalanan mudik baik itu mobil atau motor bisa bertemu mereka yang baru membawa kendaraan. Yang disebut green bikers atau green driver (adalah kelompok pemula yang mengemudi di bawah 18 bulan),” sambungnya. (ren)

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman
Kecelakaan bus di Tol Cipali Kamis (21/6/2018)

Kecelakaan Lalu Lintas Mudik Lebaran 2018 Turun 30 Persen

Kecelakaan turun karena persiapan cukup matang seluruh stakeholder.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2018