Ketahui Ciri-ciri Pengendara Membahayakan, Hindari Mereka

Ilustrasi mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Mudik bersama keluarga tentu ingin membawa kabar gembira untuk menjalin silaturahmi di kampung halaman. Maka dari itu agar sampai dengan selamat, selama perjalanan Anda yang pengguna mobil harus tetap berhati-hati.

Begini Cara Aman Berkendara dengan Motor Listrik

Sebab, masih banyak pengendara pemula yang juga menggunakan mobil untuk mudik. Hal seperti ini yang terkadang menjadi bagian terjadinya kecelakaan, karena gaya berkendarannya yang belum mempunyai perhitungan matang dan ini membahayakan.

Lantas seperti apa ciri-ciri orang yang baru bisa mengendarai mobil saat mudik?

Ratusan Instruktur AHM Ikuti Kompetisi Safety Riding Tingkat Nasional 2023

Jusri Pulubuhu, pengagas Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, ada indikator yang mencirikan orang tersebut baru bisa mengendarai mobil. Kata dia, saat bermanuver ketika melakukan akselerasi.

“Ragu-ragu atau saat mereka melakukan manuver tidak mengganggap keberadaan orang lain. Bahkan tidak mempertimbangkan ukuran kendaraan yang dikemudikannya, karena biasa menggunakan motor dengan dimensi kecil,” ujarnya saat  dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 24 Juni 2017.

UD Trucks Gencar Adakan Kampanye Keselamatan Berkendara

Lebih lanjut, Jusri menjelaskan untuk pola berkendara yang ragu-ragu itu jika di tikungan bisa dilihat dari cara mengerem dan membelokkan sertirnya. Sementara ketika menyalip terlihat janggal ketika mobil itu ragu untuk menginjak pedal gas, karena belum tahu perhitungan matangnya.

“Itulah ciri-ciri green driver yang baru bisa megemudikan mobil dibawah 18 bulan. Lebih ketahuan lagi jika mereka pengemudi baru melintasi jalan yang padat kendaraan, dan banyak tikungan. Mereka pasti tidak memperhatikan ukuran.

Asia Oceania Honda Safety Instructor Competition 2024

Cara Honda Bikin Pengguna Sepeda Motor Aman di Jalan

PT Astra Honda Motor mewakili Indonesia di ajang The 2nd Asia & Oceania Honda Safety Instructor Competition 2024, yang digelar di Honda Safety Riding Park, Bangkok, Thail

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024