Gejala Awal Power Window Macet dan Cara Mengatasinya

Power window pada mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Salah satu pelengkap mobil yang saat ini wajib dimiliki adalah power window. Perangkat ini memberikan kemudahan, dan kenyamanan saat menaik-turunkan kaca jendela mobil. Dengan adanya power window, menaik-turunkan kaca jendela mobil cukup dengan menekan tombol yang terdapat di pintu mobil. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Tombol power window akan memutarkan motor elektrik yang terhubung dengan regulator sehingga kaca jendela dapat turun-naik.

Pada umumnya tombol power window di pintu pengemudi sudah dilengkapi dengan auto-up dan auto-down. Fitur tersebut memungkinkan membuka dan menurunkan kaca jendela hanya dengan sekali menekan tombol dan tidak perlu menahan tombol selama power window bekerja. Di beberapa tipe mobil, power window juga dilengkapi jump protection yang berfungsi melindungi penggunanya, terutama anak-anak, dari kemungkinan terjepit kaca jendela saat power window bekerja. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Jika ada anggota tubuh atau benda lain menghalangi kaca jendela yang sedang naik maka otomatis fitur jump protection akan membuat kaca jendela turun kembali. 

Sebagai salah satu penunjang kenyamanan berkendara, bisa dibayangkan apabila power window macet di tengah-tengah perjalanan. Tentunya akan sangat mengganggu, apalagi jika kaca jendela terbuka dan tidak bisa ditutup sehingga udara luar masuk ke dalam kabin. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lantas untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya perhatikan gejala-gejala awal untuk mendeteksi kerusakan power window. Apa saja? Berikut seperti dilansir Astraworld, Rabu 28 Juni 2017:

1. Saat tombol power window ditekan, kaca jendela kadang naik kadang tidak. Masalah ini kemungkinan karena saklar (switch) power window rusak. Jika hal ini terjadi di bagian pintu penumpang, operasikan melalui central power window yang terdapat di pintu pengemudi. Begitu juga sebaliknya.

2. Terdengar bunyi kasar saat mengoperasikan power window untuk menaik-turunkan kaca jendela. Apabila bunyi berasal dari dalam pintu, kemungkinan penyebabnya adalah regulator power window di dalam pintu sudah mulai rusak. Agar kerusakan tidak semakin parah sebaiknya jangan mengoperasikan power window. Selanjutnya, segera cek ke bengkel untuk memastikan apakah ada komponen yang lepas, kendor atau rusak geriginya.

3.  Proses naik-turun kaca tidak lancar atau seret, dan terdapat baret di salah satu sisi kaca jendela. Hal ini bisa disebabkan jalur pada kaca dalam kondisi kering, miring atau keluar dari jalurnya. Tetapi kalau baret terjadi di sisi luar atau dalam kaca kemungkinan karena posisi kaca yang miring. 

Solusinya, lakukan penyetelan posisi kaca jendela di bengkel resmi agar posisinya kembali normal, dan lumasi jalur kaca jendela agar proses naik-turun lebih lancar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya