Kaca Mobil Kena Lempar Telur, Ini Akibat Jika Nyalakan Wiper

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Modus melempar telur ke kaca depan mobil biasanya dilakukan di jalan-jalan yang sepi atau pada malam hari ketika mobilitas pengendara di jalan sudah berkurang. Agar tidak menjadi korban kejahatan seperti itu, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan jika mengalami kejadian serupa.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pelaku kejahatan seperti ini umumnya mengendarai motor dan melemparkan telur ke kaca depan saat mobil berjalan. Akibatnya cairan telur yang pecah memenuhi kaca depan mobil dan menghalangi pandangan pengemudi. Ketika mengalami kejadian seperti ini, jangan menghidupkan wiper dan washer penyemprot air. Karena cairan telur yang terkena sapuan wiper dan washer akan berubah warna menjadi putih dan menutupi sebagian besar kaca depan. 

Dalam kondisi seperti ini biasanya pengemudi akan menghentikan kendaraannya lalu keluar dari mobil untuk membersihkan kaca. Di saat seperti inilah komplotan penjahat melancarkan aksinya mengambil barang-barang berharga di mobil. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Seperti dilansir AstraWorld, langkah yang sebaiknya Anda lakukan jika mengalami hal tersebut adalah membiarkan cairan telur menempel di kaca untuk sementara. Manfaatkan celah kaca yang tidak terhalang cairan telur untuk melihat pandangan ke depan. Secara bertahap, kurangi kecepatan, tetap jalankan mobil pada kecepatan sedang dan tetap kontrol pandangan ke depan. 

Sambil tetap mengendarai mobil, carilah tempat yang aman dan memungkinkan untuk berhenti, misalnya di pos polisi. Sebelum turun dari mobil, pastikan dahulu di sekitar mobil tidak ada orang yang mencurigakan, yang mungkin sudah mengintai dan mengikuti mobil Anda. Setelah memastikan kondisi di sekitar sudah cukup aman, kunci pintu mobil, barulah keluar dari mobil dan bersihkan kaca. 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Untuk membersihkan kaca yang terkena telur sebaiknya menggunakan air dan cairan khusus pembersih kaca atau sampo. Jika kotoran di kaca masih membandel, dapat menggunakan cairan yang mengandung detergen. Bersihkan kaca dengan seksama sampai kotoran dari telur benar-benar bersih dan pandangan menjadi jelas.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022