Ganti Oli Usai Mudik, Wajib atau Tidak

Kuras oli mesin mobil/Ilustrasi.
Sumber :
  • Bmwblog

VIVA.co.id – Sebelum menempuh perjalanan jauh, umumnya pemilik mobil memeriksakan kondisi kendaraan mereka ke bengkel. Hal ini dilakukan agar perjalanan bebas dari masalah. Dan biasanya, oli mobil menjadi salah satu komponen yang diganti.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun, banyak anggapan bahwa setelah menempuh perjalanan yang sangat jauh, oli mesin wajib diganti. Padahal, masa pakai oli belum mencapai titik maksimal.

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor Iwan Abdurahman mengatakan, kalau perjalanan ditempuh dengan lancar dan kecepatan normal, oli mesin tidak perlu diganti usai pulang berlibur.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Misalnya, baru diganti dua bulan lalu atau baru menempuh dua ribu kilometer. Karena, ganti oli kalau menurut buku servis kan setiap 10 ribu km," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Tapi, di buku servis juga tercantum aturan, bila oli perlu diganti tiap lima ribu km, jika mobil berjalan kencang selama dua jam berturut-turut atau membawa beban yang sangat berat.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Kalau baru dipakai menempuh jarak dua ribu km, enggak perlu diganti. Masih aman itu. Kecuali, pemakaian sudah enam ribu km dan jarak yang ditempuh saat berlibur hingga tiga ribu km. Kalau sudah begitu, sebaiknya oli diganti saat selesai liburan,” katanya. (mus)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022