Menguak Mitos Ganjal Kunci Pintu Mobil dengan Koin

Koin yang diselipkan di tuas pembuka pintu mobil.
Sumber :
  • Sun-gazing

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, beredar pesan berantai di pesan singkat mengenai teknik pencurian dengan menggunakan koin logam.

Caren Delano Mau Ketemu Sopir yang Curi Mobilnya, Ternyata Baru Kerja 1 Minggu

Dalam pesan tersebut, disebutkan bahwa pengemudi diminta memastikan bahwa tidak ada koin yang terselip di pegangan pintu mobil, baik sisi kiri maupun kanan.

Sebab, hal itu akan membuat pintu mobil tidak bisa terkunci dengan baik. Saat pengemudi meninggalkan mobil, orang lain dapat dengan mudah membuka pintu dan mengambil barang-barang yang ada di kabin.

Arafah Rianti Gemetar Lihat Mobil Temannya Dibobol di Depok

Fungsi koin adalah sebagai pengganjal tuas pembuka pintu. Saat posisinya terganjal, maka pintu tidak bisa terkunci dengan sempurna.

Namun, banyak orang meragukan pesan berantai tersebut. Lantas, benarkah koin dapat digunakan untuk mengganjal kunci pintu?

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman, mengatakan, secara teknis hal itu agak susah terjadi. Kata dia, koin bisa saja diselipkan di tuas pembuka pintu.

Pengakuan Waria Bawa Kabur Mobil Teman Kencan Usai Check-in di Hotel

"Hanya saja, saat pintu dikunci pakai remote, mekanisme pengunci tetap bekerja normal, walau handle pintu sedikit terangkat oleh koin," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Ia juga menjelaskan, ketika tuas diangkat lebih tinggi pakai tangan, pintu akan tetap terkunci, meski prosesnya dilakukan dengan menggunakan remote.

"Saya sudah pernah mencoba hal-hal yang tidak masuk akal seperti ini, dan tidak terbukti benar," tuturnya. (ase)

Caren Delano (kiri).

Keberadaan Mobil Caren Delano Terlacak, Polisi Siap Lakukan Pengejaran

Sopir dari presenter sekaligus penata gaya ternama, Caren Delano berhasil diamankan pihak kepolisian. Lalu bagaimana nasib mobil Caren yang dicuri?

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2023